PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN LISTEN, EXPLORE, ANALYZE, DO (LEAD) ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK

Aisyah, Hanisalia (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATICS PROJECT (MMP) BERBANTUAN LISTEN, EXPLORE, ANALYZE, DO (LEAD) ADVERSITY QUOTIENT TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DITINJAU DARI KEMANDIRIAN BELAJAR PESERTA DIDIK. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AISYAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemandirian belajar. Bersumber dari hasil pra penelitian yang menginformasikan bahwa kemampuan pemecahan masalah peserta didik masih rendah, kurangnya partisipasi siswa, dan proses pembelajaran masih menggunakan model konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang dipakai adalah cluster random sampling dengan materi bilangan berpangkat dan bentuk akar. Instrumen yang digunakan adalah tes dan angket. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas IX SMP Al Huda Jati Agung. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas IX B sebagai kelas kontrol dan kelas IX A sebagai kelas eksperimen Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5% diperoleh bahwa pada efek utama A (model pembelajaran) diperoleh hasil bahwa untuk Fhitung 0.046, sehingga ditolak. Pada efek utama B (kemandirian belajar) diperoleh hasil bahwa untuk Fhitung 0.086, sehingga diterima. Pada efek interaksi AB (model pembelajaran dan kemandirian belajar) diperoleh hasil bahwa untuk Fhitung 0.648, sehingga diterima. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) terdapat pengaruh model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD adversity quotient terhadap pemecahan masalah matematis dibandingkan dengan pembelajaran konvensional, (2) tidak terdapat pengaruh kemandirian belajar siswa dengan pemecahan masalah matematis peserta didik, (3) tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD adversity quotient dan kemandirian belajar peserta didik terhadap pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci : Missouri Mathematics Project (MMP) berbantuan LEAD Adversity Quotient, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Kemandirian Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:00
Last Modified: 03 Jan 2023 07:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22471

Actions (login required)

View Item View Item