UPAYA ORANG TUA MUSLIM DALAM MENGATASI DAMPAK BURUK GAME ONLINE PADA ANAK MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DI PEKON BANJARSARI KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS

ERLANGGA, AJI KURNIAWAN (2022) UPAYA ORANG TUA MUSLIM DALAM MENGATASI DAMPAK BURUK GAME ONLINE PADA ANAK MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DI PEKON BANJARSARI KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI ERLANGGA AJI KURNIAWAN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UPAYA ORANG TUA MUSLIM DALAM MENGATASI DAMPAK BURUK GAME ONLINE PADA ANAK MELALUI PENANAMAN NILAI-NILAI AGAMA DI PEKON BANJARSARI KECAMATAN TALANG PADANG KABUPATEN TANGGAMUS Kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang pesat saat ini sudah banyak digunakan oleh orang. Salah satu dampak dari kemajuan teknologi saat ini yaitu internet. Berbagai informasi dapat diakses dengan mudah dan cepat melalui internet secara bebas. Tidak hanya informasi saja, berbagai sarana hiburanpun juga dapat mudah diproses antara lain Game Online. Game Online adalah jenis permainan komputer atau smartphone yang memanfaatkan jaringan komputer. Jaringan yang biasanya digunakan adalah jaringan internet dan sejenisnya seperti modem untuk komputer atau kuota untuk smartphone. Game online merupakan gaya hidup baru bagi beberapa orang disetiap kalangan anak muda.Berdasarkan uraian di atas masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah Upaya orang tua muslim dalam mengatasi dampak buruk game online pada anak melalui penanaman nilai�nilai agama di pekon banjarsari Kecamatan Talang Padang Kabupaten Tanggamus. Adapun pokok permasalahan yang dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimana bentuk perilaku anak yang mengalami dampak buruk game online dan upaya orang tua muslim dalam mengatasi dampak buruk game online pada anak melalui penanaman nilai-nilai agama di pekon Banjarsari Kecamatan Talang padang Kabupaten Tanggamus. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, sebagai upaya untuk memberikan jawaban atas permasalahan yang telah di uraikan, karena sifatnya menggunakan pendekatan analisis deskriptif. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif kualitatif, cara pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Sedangkan pengumpulan data dilakukan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Objek penelitian meliputi, Orang tua, dan anak yang bermain game online. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. kesimpulan dari peneltian ini adalah Beberapa perilaku negatif antara lain adalah malas melakukan aktifitas lain, kurangnya bersosialisai kepada masyarakat, melupakan orang terdekat disekitarnya, gangguan pada mata, keluarnya kata kasar, menghabiskan sebagian besar waktunya untuk bermain game online tanpa menjalani kegiatan lain, seperti makan, mandi. Mengalami masalah dirumah, disekolah, anak menjadi berbohong kepada orang lain karena dorongan selalu beramain game online, dapat mengganggu kesehatan pemainya, dapat mempengaruhi perilaku anak dalam kehidupan sehari-hari, dan mengalami penurunan dalam berkonsentrasi. Dan upaya orang tua dalam mengatasi dampak buruk game online pada anak melalui penanaman nilai�nilai agama yaitu, membatasi waktu bermain game online dan mendorong anak mengikuti kegiatan keagamaan risma, menasehati dan membiasakan anak membaca Al-Qur’an. Kata Kunci : Orang tua, Dampak Buruk Game Online.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 06:18
Last Modified: 03 Jan 2023 06:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22467

Actions (login required)

View Item View Item