Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Mts Amrul Huda Palas Lampung Selatan

Tri, Utami (2023) Upaya Guru Sejarah Kebudayaan Islam Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa di Mts Amrul Huda Palas Lampung Selatan. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi full tri utami.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam merupakan mata pelajaran yang sangat penting untuk dipelajari, karena karena dengan mempelajari sejarah kebudayaan Islam dapat mengetahui sejarah Islam, masa kejayaan Islam dan berbagai peristiwa Islam lainnya, dan tentunya dengan mempelajari sejarah kebudayaan Islam banyak pelajaran yang dapat diambil dari kisah-kisah tersebut. Namun amat disayangkan di zaman sekarang ini banyak siswa yang mulai enggan untuk mempelajari sejarah. Karena mereka menilai bahwa pelajaran sejarah kebudayaan Islam adalah pelajaran yang membosankan karena penuh dengan berbagai kisah peristiwa yang harus untuk dibaca dan juga dihafal. Sehingga timbulah kesulitan pada diri siswa dalam mempelajari sejarah kebudayaan Islam. Banyak yang berpikiran bahwa sejarah adalah pelajaran menghafal tanggal dan nama belaka. Materi yang diajarkan juga dianggap terlalu banyak itulah yang membuat pelajaran sejarah kebudayaan Islam kurang diminati siswa. Padahal minat merupakan modal awal untuk mencapai keberhasilan dalam proses belajar mengajar. Dengan adanya minat maka siswa akan mengikuti proses pembelajaran dengan serius sehingga tercapai hasil pembelajaran yang baik. Dalam mengatasi permasalah tersebut, maka para guru terutama guru sejarah kebudayaan Islam perlu melakukan upaya-upaya atau peran dalam melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai pendidik agar minat belajar siswa menjadi meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Amrul Huda Palas Lampung Selatan. Jenis penelitian ialah berbasis penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang telah peneliti lakukan bahwa upaya guru Sejarah Kebudayaan Islam dalam meningkatkan minat belajar siswa di MTs Amrul Huda Palas Lampung Selatan yaitu yang pertama yaitu dengan mengenali siswa secara individual, dimana guru akan melakukan pendekatan secara pribadi, pengamatan dilingkungan maupun dari informasi disekitar. Yang kedua guru mempersiapkan dan menguasai materi pembelajaran dimana dalam perencanaan materi ini guru akan menyesuaikan dengan standar kompetensi dan kompetensi dasar. Yang ketiga guru menggunakan metode dan media yang bervariasi dimana dalam pemilihan metode ini guru berpedoman pada tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, berpusat pada peserta didik, mampu mengembangkan kreativitas peserta didik, dan tentunya juga harus disesuaikan denga kemampuan guru sendiri. Begitu pun dengan pemilihan media, guru akan menyesuaikan dengan tujuan pembelajaran, sifat-sifat materi yang akan disampaikan, keadaan lingkungan, dan tentunya metode pembelajaran yang digunakan. Dan yang terakhir guru memberikan dorongan atau motivasi dengan menjelaskan atau memberikan informasi bahwa tidak ada ilmu yang tidak penting, termasuk pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. selain itu juga guru Sejarah Kebudayaan Islam menyampaikan tujuan dari pembelajaran kepada siswa, memberikan skor atau point kepada siswa yang menjawab, mengumumkan hasil belajar yang diperoleh, dan memberikan pujian atau hadiah. Kata Kunci: Sejarah Kebudayaan Islam, Upaya Guru, Minat Belajar iv ABSTRACT The course of Islamic Cultural History is a very important subject to study, because by studying the history of Islamic culture can know the history of Islam, the heyday of Islam and various other Islamic events, and of course by studying the history of Islamic culture many lessons can be taken from these stories. But it is very unfortunate that in this day and age, many students are beginning to be reluctant to study history. Because they consider that the history lesson of Islamic culture is a boring lesson because it is full of various stories of events that must be read and also memorized. So that difficulties arise in students in studying the history of Islamic culture. Many think that history is a mere lesson of memorizing dates and names. The material taught is also considered too much which is what makes the history lesson of Islamic culture less attractive to students. Even though interest is the initial capital to achieve success in the teaching and learning process. With interest, students will take the learning process seriously so that good learning outcomes are achieved. In overcoming this problem, teachers, especially teachers of Islamic cultural history, need to make efforts or roles in carrying out their duties and functions as educators so that students' interest in learning increases. This study aims to determine the efforts of Islamic Cultural History teachers in increasing students' interest in learning at MTs Amrul Huda Palas South Lampung. This type of research is based on field research using a qualitative approach. The data collection technique in this study with interviews, observations and documentation. Data analysis in this study uses data reduction, data presentation and verification or drawing conclusions. The results of the research that has been carried out by researchers that the efforts of Islamic Cultural History teachers in increasing students' interest in learning at MTs Amrul Huda Palas Lampung Selatan are the first, namely by recognizing students individually, where teachers will approach personally, observations in the environment and from information around. The second is that teachers prepare and master learning materials where in this material planning the teacher will adjust to the standards of competence and basic competencies. The third is that teachers use varied methods and media where in the selection of this method the teacher is guided by learning objectives, learning materials, student-centered, able to develop student creativity, and of course must also be adjusted to the teacher's own abilities. Likewise with the selection of media, the teacher will adjust to the learning objectives, the properties of the material to be delivered, the environmental conditions, and of course the learning methods used. And finally the teacher gives encouragement or motivation by explaining or providing information that there is no unimportant science, including the lessons of the History of Islamic Culture. in addition, Islamic Cultural History teachers convey the purpose of learning to students, give scores or points to students who answer, announce the learning results obtained, and give praise or gifts. Keywords: History of Islamic Culture, Teacher's Efforts, Interest in Learning

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 04:20
Last Modified: 03 Jan 2023 04:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22466

Actions (login required)

View Item View Item