PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL MATEMATIKA BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SD/MI

LIYANA, AUZI (2023) PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL MATEMATIKA BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI LIA FIX GABUNG.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN KOMIK DIGITAL MATEMATIKA BERBASIS NILAI-NILAI ISLAMI PADA MATERI OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN CACAH DI KELAS II SD/MI Oleh : Liyana Auzi Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan media pembelajaran berupa komik digital pada mata pelajaran matematika dengan berbasis nilai-nilai islami, sehingga dapat menjadi inovasi baru dalam pembelajaran dan mengetahui bagaimana cara agar menghasilkan media yang valid, responsif dan efektif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (Research and Development). Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yang terdiri dari lima langkah yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Subyek penelitian ini adalah peserta didik SD Negeri 3 Jatimulyo, Lampung Selatan dan peserta didik MI Masyariqul Anwar IV Sukabumi, Bandar Lampung. Data penelitian ini diperoleh dengan wawancara, dokumentasi dan angket. Berdasarkan hasil validasi oleh ahli media termasuk dalam kategori “Sangat Layak” dengan persentase 88,33%. Penilaian ahli materi 97,5% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada penilaian validasi ahli agama 92,2% kategori “Sangat Layak”, dan penilaian ahli bahasa 85% dengan kategori “Sangat Layak”. Pada uji coba skala kecil di MIMA IV Sukabumi dengan sebanyak 15 peserta didik memperoleh 93,73% dengan keterangan “Sangat Menarik” dan pada uji coba skala besar di SD Negeri 3 Jatimulyo yang melibatkan 30 peserta didik dengan persentase 94,86% kriteria “Sangat Menarik”. Pada penilaian respon pendidik memperoleh 94,44% kriteria “Sangat Layak”. Selanjutnya keefektivan produk komik pada MIMA IV Sukabumi menghasilkan 86,80% kategori “Tinggi” dan pada SD Negeri 3 Jatimulyo sebesar 89,34% kategori “Tinggi” dan efektif digunakan dan dijadikan media pembelajaran. Kata Kunci: Komik Digital, Matematika, Nilai-Nilai Islami, Penjumlahan dan Pengurangan, Bilangan Cacah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 03 Jan 2023 03:19
Last Modified: 03 Jan 2023 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22463

Actions (login required)

View Item View Item