PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM DENGAN FLIPBOOK BERBASIS INQUIRI DALAM MENUMBUHKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI

RIA, OSISTA (2023) PENGEMBANGAN E-MODUL PRAKTIKUM DENGAN FLIPBOOK BERBASIS INQUIRI DALAM MENUMBUHKAN PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA DI SD/MI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI  RIAOSISTA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh bahan ajar yang digunakan masih memiliki kelemahan berupa evaluasi yang digunakan masih terbatas, penyajian gambar/ilustrasi tidak menarik atau gambar yang digunakan kurang jelas, penyajian materi kurang diperjelas, tidak ada penomoran pada sub judul materi, tidak ada petunjuk praktikum pada pembelajaran IPA. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan e-modul praktikum dengan flipbook berbasis inquiri dalam menumbuhkan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran IPA di SD/MI dan untuk mengetahui respon penggunaan e-modul praktikum dengan flipbook berbasis inquiri dalam menumbuhkan pemahaman konsep peserta didik pada pembelajaran IPA di SD/MI. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan research and development (R&D) model pengembangan Borg and Gall, yang menggunakan tujuh tahapan dalam penelitian yaitu Potensi dan Masalah, Pengumpulan Data, Desain Produk, Validasi Desain, Revisi Desain, Uji Coba Produk dan revisi produk. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket validasi yaitu validasi ahli materi, validasi ahli media dan validasi ahli bahasa serta respon peserta didik dan pendidik. Berdasarkan hasil penelitian dari ahli materi dengan rata-rata 89%, validasi ahli media dengan rata-rata 94%, validasi ahli bahasa dengan rata-rata 80%, uji respon pendidik dengan rata-rata 89,10%, uji coba skala kecil dengan rata-rata 82% dan uji coba skala besar dengan rata-rata 93%, dengan kategori “Sangat Layak”, sehingga produk yang dikembangkan layak dijadikan sebagai bahan ajar. Kata Kunci: Bahan Ajar, Flipbook, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:38
Last Modified: 02 Jan 2023 07:38
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22452

Actions (login required)

View Item View Item