PENGARUH PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) BERBASIS EKONOMI KREATIF DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA KARYAWAN TOKO KERIPIK PISANG DI GANG PU KEDATON, BANDAR LAMPUNG)

Amilia, Tri Widiastuti (2023) PENGARUH PEMBERDAYAAN SUMBER DAYA MANUSIA (SDM) BERBASIS EKONOMI KREATIF DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KESEJAHTERAAN KARYAWAN DITINJAU DARI PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (STUDI PADA KARYAWAN TOKO KERIPIK PISANG DI GANG PU KEDATON, BANDAR LAMPUNG). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL AMILIA TRI WIDIASTUTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pengaruh Pemberdayaan Sumber Daya Manusia (SDM) Berbasis Ekonomi Kreatif Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kesejahteraan Karyawan Ditinjau Dari Perspektif Ekonomi Islam (Studi Pada Karyawan Toko Keripik Di Gang Pu Kedaton, Bandar Lampung) Pemberdayaan SDM berbasis ekonomi kreatif pada saat ini sangat penting diterapkan, dikarenakan pemberdayaan SDM berbasis ekonomi kreatif ini lebih mengacu pada ke kreativan dan inovasi baru terlebih saat ini semakin ketatnya persaingan dalam dunia usaha. Dengen begitu, pemberdayaan SDM berbabsis ekonomi kreatif ini akan menyerap banyak pekerja yang mana ini dapat mengurangi pengangguran dan tentunya dapat meningkatkan taraf hidup para karyawan itu sendiri. Serupa pula dengan lingkungan kerja yang berperan penting bagi para karyawan, hal ini dikarenakan lingkungan yang nyaman dapat menciptakan suatu rasa nyaman, aman dan bahagia bagi keryawan itu sendiri. Dengan adanya rasa nyaman tersebut maka secara tidak llangsung dapat menimbulkan semangat bagi karyawan itu sendiri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kauntitatif. Populasi dalam penelitian ini yaitu karyawan toko keripik di gang PU Kedaton, Kota Bandar Lampung. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunkan teknik sampel jenuh dengan jumlah sampel sebanyak 52 sampel. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan angket dan studi pustka. Berdasarkan ouput SPSS ver.22 bahwa nilai signifikasi dari variabel pemberdayaan SDM diperoleh nilai ttabel < thitung yaitu 1,676 < 4,582. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya variabel pemberdayaan SDM berbasis ekonomi kreatif ini berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan. Selanjutnya untuk variabel taraf pola konsumsi dari hasil perhitungan yang diperoleh nilai ttabel < thitung yaitu 1,676 < 1,993. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya variabel lingkungan kerja berpengaruh dalam meningkatkan kesejahteraan. Dalam uji simultan (F) dari hasil perhitungan diperoleh nilai Fhitung ≥ Ftabel yaitu 26,886 ≥ 3,18. Sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima, yang artinya variabel independen pemberdyaan SDM (X1) lingkungan kerja (X2) berpengaruh secara simultan terhadap variabel dependen yaitu kesejahteraan karyawan (Y). Kata kunci: Pemberdayaan, Ekonomi Kreatif, Lingkungan Kerja, Kesejahteraan Karyawan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:34
Last Modified: 02 Jan 2023 07:34
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22451

Actions (login required)

View Item View Item