EFEKTIVITAS PESAN DAKWAH USTADZ HANDY BONNY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DIKALANGAN REMAJA GANG AL-IQRA’ KELURAHAN FAJAR BULAN LIWA LAMPUNG BARAT

RAMDANI, RAMDANI (2023) EFEKTIVITAS PESAN DAKWAH USTADZ HANDY BONNY MELALUI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DIKALANGAN REMAJA GANG AL-IQRA’ KELURAHAN FAJAR BULAN LIWA LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAMDANI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Teknologi komunikasi memberikan dampak yang besar bagi perkembangan media informasi. Kegiatan manusia tak bisa lepas dari produk teknologi komunikasi dan media akibat pengaruh dari perkembangan yang terus menerus berjalan, masyarakat tidak dapat lepas bahkan cenderung bergantung kepada teknologi untuk dapat berkomunikasi dengan orang lain. Para pendakwah saat ini banyak memanfaatkan media sosial untuk berdakwah contohnya akun Instagram ustadz Handy Bonny merupakan salah satu akun dakwah di Instagram yang memuat video dakwah, menayangkan kajian keislaman dengan tema perbaikan diri dan mengajak anak muda/kaum millenial untuk hijrah. Penelitian ini menggunakan teori Pembelajaran Sosial untuk mengetahui bagaimana efektivitas akun Instagram ustadz Handy Bonny sebagai media dakwah. Penelitian ini menggunakan metode Kualitatif Deskriptif dan jenis penelitian ini merupakan Penelitian Lapangan (Field Research) melalui wawancara bebas terpimpin, dan observasi terhadap sepuluh followers pada akun instagram ustadz Handy Bonny, serta dengan menonton dan memperhatikan video di akun Instagram minimal dua kali dalam satu minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi dakwah menggunakan video yang disebarkan melalui akun Instagram ustadz Handy Bonny tergolong efektif di gang Al-Iqra’ Kelurahan Fajar Bulan untuk meningkatkan pemahaman agama, memberikan motivasi, dan mendorong perubahan perilaku informan menjadi lebih religius. Kata Kunci : Efektifitas, Dakwah, Pesan Dakwah, Ustadz Handy Bonny, Instagram. ABSTRACT Communication technology has a great impact on the development information media. Human activities cannot be separated from the product of communication technology and media due to the influence of continuous developments, people cannot be separated and even tend to depend on technology to be able with communicate others. Preachers currently use social media a lot to preach, for example, the Instagram account of Ustadz Handy Bonny is one of the da'wah accounts on Instagram that contains da'wah videos, broadcasts Islamic studies with the theme self-improvement and invites young people/millennials to emigrate. This study uses Social Learning theory to find how effective the Instagram account of Ustadz Handy Bonny is as a propaganda medium. This study uses a descriptive qualitative method and this type of research is Field Research through free guided interviews, and observations of ten followers on Ustadz Handy Bonny's Instagram account, as well as watching and paying attention to videos on Instagram accounts at least twice a week The results showed that the da'wah strategy using videos distributed through the Instagram account of Ustadz Handy Bonny was quite effective in Al-Iqra' Alley, FajarBulan Village, to increase religious understanding, provide motivation, and encourage changes in the behavior of informants to become more religious. Keywords: Effectiveness, Da'wah, Message of Da'wah, Ustadz Handy Bonny, Instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Komunikasi dan Penyiaran Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:30
Last Modified: 02 Jan 2023 07:30
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22450

Actions (login required)

View Item View Item