PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II SDN 3 JATIMULYO

Amanda, Dwining Rachmawati (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS SPARKOL VIDEOSCRIBE TERHADAP HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS II SDN 3 JATIMULYO. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL amanda dwining rachmawati.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II SDN 3 Jatimulyo Lampung Selatan. Berdasarkan latar belakang dari penelitian ini yaitu masih rendahnya hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran tematik. Keberhasilan dari pendidikan dapat dilihat salah satunya dari semakin meningkatnya hasil belajar peserta didik. Dan salah satu faktor yang turut andil dalam mempengaruhi tingkat tinggi rendahnya hasil belajar antara lain adalah penggunaan media dalam pembelajaran. Media pembelajaran sparkol videoscribe merupakan media berbasis audio– visual yang dimana dapat dilihat maupun didengar dapat membuat pembelajaran menjadi menarik yang dapat membantu siswa dalam pemahaman materi yang dapat berpengaruh terhadap hasil belajar nya. Jenis penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kuantitatif dengan desain Quasi Experiment Design dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design yaitu dengan menggunakan dua kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti akan memberikan perlakuan yang berbeda dalam pembelajaran terhadap dua kelas, yaitu pada kelas eksperimen menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe dan tidak menggunakan media pembelajaran berbasis Sparkol Videoscribe pada kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah dengan melaksanakan pretest-posttest yang berbentuk soal pilihan ganda. Setelah dilaksanakannya penelitian dan terkumpulnya data kemudian dilakukan analisis data dengan bantuan program IBM SPSS Statistics v.26. Hasil analisis data diperoleh dengan pengujian hipotesis menggunakan uji-t dengan taraf signifikasi < 0,05. Dan diperoleh hasil dari penelitian menunjukkan 0,000 < 0,05. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa H0 dan Ha diterima. Dengan demikian dari hasil uji t menyatakan terdapat pengaruh penggunaan media pembelajaran berbasis sparkol videoscribe terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas II SDN 3 Jatimulyo Lampung Selatan. Kata Kunci :Media Pembelajaran, Sparkol Videoscribe, Hasil Belajar, Pembelajaran Tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:17
Last Modified: 02 Jan 2023 07:17
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22445

Actions (login required)

View Item View Item