NILAI NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI ANALISIS TAFSIR AL�MISBAH KARYA PROF. DR. QURAISH SHIHAB)”

Diki, Sudarmaji (2023) NILAI NILAI PENDIDIKAN SPIRITUAL DALAM SURAT LUQMAN AYAT 12-19 (STUDI ANALISIS TAFSIR AL�MISBAH KARYA PROF. DR. QURAISH SHIHAB)”. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL  DIKI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pendidikan spiritual dapat dimaknai sebagai usaha untuk hidup di dunia yang berpusat pada ketentuan Allah Swt. Al-Quran adalah petunjuk dari Allah kepada Rasululah supaya menjadi pedoman umat manusia, juga memuat tentang pendidikan. Dinyatakan dalam Al-Qur‘an bahwa Luqman Al-Hakim adalah sosok pendidik yang beroleh hikmah dan namanya diabadikan dan dijadikan sebagai nama sebuah surat di Al-Qur‘an. Pada Ayat-ayat di Q.S. Luqman ayat 12-19 mendeskripsikan terkait nilai-nilai pendidikan spritual mengandung pesan yang dapat menjadi sebuah pelajaran. Rumusan masalah yang menjadi kajian dalam penelitian adalah Nilai-nilai apa pendidikan spiritual yang terkandung di dalam surat Luqman 12-19 dan Bagaimana Relevansi nilai-nilai pendidikan spiritual dalam pendidikan. Penelitian ini termasuk penelitian studi kepustakaan/ Library research. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan untuk menganilis nya menggunakan deskripsi analisis. Hasil penelitian ini mendeskripsikan tentang nilai-nilai pendidikan spiritual pada ayat 12-19 berdasarkan tafsir Al-Misbah yaitu bersyukur kepada Allah, larangan berbuat syirik, berbakti kepada orang tua, percaya kepada hari pembalasan, perintah mendirikan shalat, Amar Ma‘ruf Nahi Mungkar, perintah untuk sabar, larangan takabur dan sederhana dalam berjalan dan merrendahkan suara. Kata Kunci: Al-Qur‘an Surat Luqman, Nilai-Nilai Pendidikan Spiritual

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:11
Last Modified: 02 Jan 2023 07:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22444

Actions (login required)

View Item View Item