PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD N 3 ADIPURO LAMPUNG TENGAH

SEPTI, MELINDA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES (CUPs) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP IPA PESERTA DIDIK KELAS V SD N 3 ADIPURO LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Septi Melinda_1811100130_PGMI - Copy.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Pemahaman konsep yang baik menjadi dasar untuk pengembangan materi berikutnya. Berdasarkan hasil pra survei yang dilakukan permasalahan yang melatar belakangi penelitian ini adalah masih rendahnya pemahaman konsep IPA peserta didik karena model pembelajaran yang digunakan pendidik masih membuat peserta didik kurang aktif dalam pembelajaran IPA. Hal itu dapat dilihat pada nilai yang diperoleh peserta didik kelas V SD N 3 Adipuro Lampung Tengah pada pra survei dengan presentase sebesar 34,54% untuk peserta didik yang mendapatkan nilai diatas KKM dan 65,46% peserta didik mendapatkan nilai dibawah KKM. Oleh karena itu penulis melakukan penelitian menggunakan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Rumusan dalam penelitian ini yaitu Adakah pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas V di SD N 3 Adipuro Lampung Tengah. Dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran CUPs terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian Quasy Eksperimental Design menggunakan Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas V SD N 3 Adipuro. Sampel yang digunakan sebanyak dua kelas yang dipilih secara acak menggunakan Cluster Random Sampling, yaitu kelas V B menjadi kelas eksperimen dan kelas V A menjadi kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes pemahaman konsep IPA berupa soal uraian. Pengujian hipotesis menggunakan Independent t-test (Uji-t). Berdasarkan pengelolahan data hasil analisis uji normalitas dan homogenitas diperoleh bahwa kedua kelas sampel tersebut normal dan homogen sehingga untuk pengujian hipotesis menggunakan Independent t-test (uj-t) dengan taraf signifikan 5% (0,05), yakni diperoleh 0,021 < 0,05 yang menyatakan H0 ditolak dan H1 diterima sehingga dapat ditark kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dari model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap pemahaman konsep IPA peserta didik kelas V SD N 3 Adipuro Lampung Tengah. Kata Kunci: Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs), Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:54
Last Modified: 02 Jan 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22437

Actions (login required)

View Item View Item