ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS III SDIKT ROBBI RODHIYA BANDAR LAMPUNG

IFFA, MAHIRA (2023) ANALISIS KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA KELAS III SDIKT ROBBI RODHIYA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Iffa Mahira.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Seorang anak pada umumnya memasuki jenjang pendidikan Sekolah Dasar pada usia 6 tahun, dimana diperkirakan sudah siap menerima pelajaran dan dapat mengalami kemajuan belajar secara teratur dalam tugas sekolah. Walaupun demikian, ada siswa yang pada usia tersebut belum mampu mengikuti pelajaran yang diberikan secara teratur dan kadang-kadang ketidakmampuan siswa yeng keluar dalam bentuk tidak bisa mengerjakan tugas sekolah yang dianggap oleh guru sebagai suatu kemalasan. Semestinya, hal tersebut harus dipandang sebagai perbedaan yang bisa saja terjadi pada anak usia SD, karena memang ada perbedaan dalam hal menguasai suatu materi pelajaran. Sejumlah siswa mungkin dapat menempuh kegiatan belajarnya secara lancar dan berhasil tanpa mengalami kesulitan, tetapi di sisi lain tidak sedikit pula siswa yang dalam belajarnya mengalami berbagai kesulitan, termasuk kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Soal cerita merupakan soal yang dinilai telah memiliki tingkat kesulitan yang tinggi dibanding dengan soal matematika yang menampilkan model matematika secara langsung. Soal cerita matematika bertujuan untuk siswa berlatih dan berpikir secara deduktif, dapat melihat hubungan dan kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari, dan dapat menguasai keterampilan matematika serta memperkuat penguasaan konsep matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan belajar peserta didik dalam menyelesaikan soal cerita matematika kelas III SDIKT Robbi Rodhiya Bandar Lampung. Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif, yaitu penelitan yang berusaha mendeskripsikan suatu gejala, peristiwa, kejadian yang terjadi pada saat sekarang di SDIKT Robbi Rodhiya. Subjek penelitian yaitu peserta didik kelas III A sebanyak 23 orang dengan 5 peserta didik yang peneliti jadikan sampel, serta guru kelas III A. Prosedur pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peserta didik kelas III A yang berjumlah 5 dari 23 siswa mengalami kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita. Kesulitan belajar matematika dalam menyelesaikan soal cerita yang terjadi di kelas III A meliputi kesulitan memahami konsep, kesulitan dalam keterampilan, dan kesulitan memecahkan masalah. Faktor yang menyebabkan kesulitan belajar matematika berasal dari faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal yang berasal dari peserta didik meliputi IQ atau intelegensi, minat dan motivasi belajar peserta didik yang masih rendah, serta kesehatan tubuh yang tidak optimal. Sedangkan faktor eksternal yang berasal dari luar peserta didik antara lain kurangnya variasi mengajar guru, pengaruh gadget dan teman bermain di rumah, serta lingkungan keluarga. Kata kunci: kesulitan belajar peserta didik, soal cerita matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:50
Last Modified: 02 Jan 2023 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22436

Actions (login required)

View Item View Item