HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BUMISARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

DEKARIANI, Karnadi (2022) HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS III SD NEGERI BUMISARI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V  Perpustakaan Pusat.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dekariani_1811100237.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam kaitannya dengan prestasi belajar peserta didik, selama keberhasilan peserta didik dapat ditunjukan dengan prestasi belajar peserta didik disekolah. Dengan pembelajaran yang baik, peserta didik akan mencapai hasil atau prestasi belajar yang optimal. Untuk mencapai tujuan dari pendidikan adalah menjadi orang yang lebih baik dari sebelumnya. Dalam mencapai tujuan pendidikan memerlukan sebuah motivasi atau dorongan untuk menjadi yang lebih baik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan menggunakan jenis kuantitatif korelasional yang menggambarkan suatu pendekatan umum untuk penelitian yang berfokus pada penafsiran kovariasi diantara variabel yang muncul secara alami. Teknik analisis data dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment dengan bantuan program SPSS v. 17 for windows. Dengan jumlah sampel sebanyak 30 peserta didik dan pengambilan sampel dilakukan secara acak yaitu dengan teknik random sampling. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik mempunyai hubungan yang kuat dan berarah positif dengan prestasi belajar peserta didik, diketahui nilai korelasi antara variabel X dan Y sebesar 0.625, dan diperoleh bahwa df sebesar 28 pada tabel nilai “r”product moment pada taraf signifikan 5% adalah 0,379 dari hasil konsultasi tersebut dapat diketahui bahwasanya rxy lebih besar dari Pada nilai tabel berarti terdapat Hubungan antara motivasi belajar dengan prestasi belajar peserta didik. Kata Kunci : Motivasi Belajar, Prestasi Belajar. iii ABSTRACT In relation to the learning achievement of students, as long as the success of students can be shown by the learning achievements of students at school. With good learning, students will achieve optimal learning outcomes or achievements. To achieve the goal of education is to become a better person than before. In achieving educational goals requires a motivation or encouragement to become better. The method used in this study is a quantitative approach using correlational quantitative types which describe a general approach to research that focuses on interpreting covariations among naturally occurring variables. The data analysis technique is using the Pearson Product Moment correlation formula with the help of the SPSS v program. 17 for windows. With a sample of 30 students and the sampling was done randomly, namely by random sampling technique. The results of the research conducted indicate that the learning motivation of students has a strong and positive relationship with student achievement, it is known that the correlation value between the X and Y variables is 0.453, and it is found that the df is 28 in the "r" product moment value table at the 5% significant is 0.361. From the results of the consultation, it can be seen that rxy greater than The table value means that there is a relationship between learning motivation and learner learning achievement. Keywords: Learning Motivation, Learning Achievement.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:25
Last Modified: 02 Jan 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22434

Actions (login required)

View Item View Item