PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI LAMPUNG SELATAN

PUTRI, WINDASARI (2022) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN WAYANG KARTUN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK PADA PESERTA DIDIK KELAS IV DI MI NURUL ISLAM 2 KARANG SARI LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB I  II  V  Perpustakaan Pusat.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Putri Windasari_1811100396.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Berdasarkan hasil pengamatan yang dilakukan di kelas IV MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan ditemukan fakta bahwa salah satu keterampilan berbahasa yaitu keterampilan menyimak di kelas masih tergolong rendah, dilihat pada saat pendidik menjelaskan materi masih banyak peserta didik yang kurang memperhatikan, peserta didik lebih suka mengobrol dengan teman sebangkunya dan cenderung tidak memperhatikan apa yang disampaikan oleh pendidik sehingga keterampilan menyimak peserta didik rendah. Hal tersebut juga dapat dilihat dari persentase hasil test keterampilan menyimak dan disimpulkan bahwa kegiatan menyimak di kelas IVA dan IVB MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan masih tergolong rendah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang merupakan salah satu metode kuantitatif dengan desain Quasi Eperimental Design. Dalam desain ini terdapat dua kelompok yaitu kelompok eksperimen (kelas IV A) menggunakan media wayang kartun yang berjumlah 26 peserta didik dan kelompok kontrol (kelas IV B) menggunakan media audio yang berjumlah 24 peserta didik. Teknik pengmbilan sampel menggunakan Simple Ramdom Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes lisan. Sebelum melakukan penelitian, butir-butir soal terlebih dahulu diuji-cobakan kepada peserta didik di luar sampel, yang kemudian di uji kevalidan dan reabilitasannya. Dilihat dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan uji t dari niai post-test yang dilakukan, dinyatakan bahwa H0 di tolak yang diperoleh dari nilai sig (2tailed) sebesar 0,003 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria α = 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan media wayang kartun terhadapa keterampilan menyimak pada peserta didik kelas IV Di MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan. Kata Kunci: Media Pembelajaran Wayang Kartun, Keterampilan Menyimak iii ABSTRACT Based on the results of observations made in class IV MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan it was found that one of the language skills, namely listening skills in class, was still relatively low, seen when the teacher explained the material there were still many students who did not pay attention, students preferred chatting with their peers and tend not to pay attention to what is conveyed by the educator so that students' listening skills are low. This can also be seen from the percentage of listening skills test results and it is concluded that listening activities in class IVA and IVB MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan are still relatively low. The method used in this study is the experimental method which is one of the quantitative methods with a Quasi Experimental Design. In this design there are two groups, namely the experimental group (grade IV A) using wayang cartoon media with a total of 26 students and the control group (grade IV B) using audio media with a total of 24 students. The sampling technique uses Simple Random Sampling. Data collection techniques in this study used oral tests. Prior to conducting the research, the items were first tested on students outside the sample, which were then tested for validity and reliability. Judging from the results of the hypothesis test using the t test of the post-test scores performed, it is stated that H0 is rejected which is obtained from the sig (2tailed) value of 0.003 which has a value smaller than the criterion value α = 0.05 so it can be concluded that there is the effect of using wayang cartoon media on listening skills in fourth grade students at MI Nurul Islam 2 Karang Sari Lampung Selatan. Keywords: Cartoon Puppet Learning Media, Listening Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:22
Last Modified: 02 Jan 2023 03:22
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22433

Actions (login required)

View Item View Item