STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT SANTRI PADA PONDOK PESANTREN BAROKATUL QODIRI PUGUNG TAMPAK, KOTA KARANG, KEC. PESISIR UTARA, KAB. PESISIR BARAT.

IMAM, MUDAKKIR (2022) STRATEGI PEMASARAN DALAM MEREKRUT SANTRI PADA PONDOK PESANTREN BAROKATUL QODIRI PUGUNG TAMPAK, KOTA KARANG, KEC. PESISIR UTARA, KAB. PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL _Imam_Mudzakkir.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sangat penting bagi sebuah organisasi maupun lembaga untuk memiliki strategi pemasaran dalam merekrut yang efektif dan berkualitas dalam menjalankan visi dan misi yang sudah dibuat guna mewujudkan tujuan bagi organisasi maupun lembaga itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat pada pondok pesantren yang semakin menurun daya tariknya dikalangan masyarakat dan remaja pada era modern pada saat ini. Keberadaaan pondok pesantren pada dasarnya adalah lembaga Tafaqqul fid din, yaitu lembaga untuk mengkaji dan mengembangkan ilmu-ilmu keislaman (Al-„ulum al�syari‟ah). Sebagai salah satu lembaga pengkajian Agama Islam yang ikut mencerdaskan bangsa, sehingga ketertarikan dari masyarakat untuk memasukan anaknya kedalam pondok yakni atas dasar kepercayaan terhadap kualitas lembaga, dalam memperkenalkan kualitas potensi para santri yang dimiliki Pondok Pesantren Barokatul Qodiri Pesisir Barat kepada masyarakat dengan melalui satrategi pemasaran yang efektif dan efisien dalam merekrut santri nantinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran dalam merekrut santri pada pondok pesantren Barokatul Qodiri dan apa saja kendala maupun hambatan yang dihadapi dalam proses pelaksanaan strategi pemasaran dalam proses rekrutmen. Metode penelitian yang digunakan penulis metode penelitian deskriptif melalui penelitian lapangan (Field Research) dengan populasi 1 orang pengurus yang berperan penting dalam pengelolaan pondok pesantren, sedangkan sampel yang digunakan adalah purposive sampling kepada 1 orang yaitu pimpinan, pengurus pondok 1 orang. Penelitian ini juga menggunakan teknik pengumpulan data interview wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian pondok pesantren Barokatul Qodiri melakukan strategi pemasaran dalam merekrut santri baru dengan strategi yakni strategi promosi, yang dikelompokan menjadi 2 strategi promosi yakni strategi promosi menggunakan media sosial dan strategi promosi menggunakan alumni santri dimana pondok pesantren yang harus siap dalam menghadapi persaingan di era modern saat ini. Selanjutnya dalam merekrut santri yang digunakan Barokatul Qodiri yakni dengan cara bersosialisasi kepada para remaja dengan memanfaatkan media sosial hasil dari strategi pemasaran. Temuan lain yang penulis dapatkan yakni mengenai kendala yang dihadapi pelaksanaan ada dua bentuk yakni kendala yang bersumber dari lembaga maupun organisasi itu sendiri yang di sebut internal dan bersumber dari lingkungan luar organisasi bergerak yang disebut eksternal. Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Rekrutmen, Santri, Dan Pondok Pesantren. iii ABSTRACT It is very important for an organization or institution to have a marketing strategy in recruiting that is effective and quality in carrying out the vision and mission that has been made in order to realize the goals for the organization and the institution itself. This study aims to increase interest in Islamic boarding schools whose attractiveness is decreasing among the public and adolescents in the modern era at this time. The existence of Islamic boarding schools is basically a Tafaqqul fid din institution, which is an institution to study and develop Islamic sciences (Al-„ulum al�syari‟ah). As one of the Islamic study institutions that participate in educating the nation, so that the interest of the community to enter their children into the boarding school is on the basis of trust in the quality of the institution, in introducing the potential quality of the santri owned by the Barokatul Qodiri Pesisir Barat Islamic Boarding School to the community through a marketing strategy that effective and efficient in recruiting students later. This study aims to find out how the marketing strategy is in recruiting students at the Barokatul Qodiri Islamic boarding school and what are the obstacles and obstacles faced in the process of implementing marketing strategies in the recruitment process. The research method used by the author is descriptive research method through field research (Field Research) with a population of 3 administrators who play an important role in the management of Islamic boarding schools and all students, while the sample used is purposive sampling to 1 people, namely the leader, 1 boarding school administrators. This research also uses interview, observation and documentation data collection techniques. The results of the research of the Barokatul Qodiri Islamic boarding school carried out a marketing strategy in recruiting new students with a strategy namely a promotion strategy, which was grouped into 1 promotional strategies, namely promotional strategies using social media and promotional strategies using santri alumni where Islamic boarding schools must be ready to face competition in the modern era. at the moment. Furthermore, in recruiting students, Barokatul Qodiri used that is by socializing with teenagers by utilizing social media as a result of marketing strategies. Another finding that the authors get is that there are two forms of obstacles faced by the implementation, namely constraints originating from the institution or the organization itself which is called internal and sourced from the external environment of the mobile organization which is called external. Keywords: Marketing Strategy, Recruitment, Santri, And Islamic Boarding School.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:13
Last Modified: 02 Jan 2023 03:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22432

Actions (login required)

View Item View Item