PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI

ANNISA, AULIANA (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BUSY BOOK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF ANAK USIA DINI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL ANNISA AULIANA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian pada pengembangan media pembelajaran busy book dalam proses pembelajaran memiliki dampak yang sangat penting dalam mengembangkan kemampuan berpikir simbolik pada anak usia dini. Karena dengan adanya media pembelajaran tersebut dapat meningkatkan antusias dan minat anak terhadap kegiatan belajar. Permasalahan dalam penelitian ini bahwa media pembelajaan busy book belum pernah diterapkan pada sekolah PAUD Aisyiyah Pujodadi dan TK Nurul Falah Pujodadi untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam berpikir simbolik anak usia dini 4-5 tahun. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah media pembelajaran busy book ini layak dikembangkan untuk meningkatkan perkembangan kognitif dalam kemampuan anak dalam berpikir simbolik. Subjek penelitian ini menggunakan kelompok A usia 4-5 tahun di PAUD Aisyiyah Pujodadi berjumlah 24 peserta didik dan di TK Nurul Falah Pujodadi berjumlah 14 anak. Objek yang ada dalam penelitian ini yaitu pengembangan media pembelajaran busy book. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan bahan ajar, menghasilkan produk yang dikembangkan dengan desain yang sesuai usia anak yaitu media pembelajaran busy book untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini yang layak untuk digunakan sebagai penunjang bahan ajar di PAUD Aisyiyah Pujodadi dan TK Nurul Falah Pujodadi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development menggunakan prosedur ADDIE. Langkah-langkah penelitian ini meliputi: 1) Analisis (Analisysis), 2) Desain (Design), 3) Pengembangan (Development), 4) Implementasi (Implementation), 5) Evaluasi (Evaluation). Uji coba pada penelitian ini terbagi menjadi dua yakni uji coba ahli yang meliputi ahli media dan ahli materi, serta uji coba produk di PAUD Aisyiyah Pujodadi dan TK Nurul Falah Pujodadi. Metode pengumpulan data yang dilakukan yakni menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara, teknik pengumpulan data dalam penelitian adalah dengan menggunakan teknik analisis data deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penilaian terhadap kelayakan media yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan skor 3,6 dengan kriteria “Sangat Baik”, penilaian oleh ahli materi menunjukkan skor 4,0 dengan kriteria “Sangat Baik”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menghasilkan produk berupa media pembelajaran busy book yang dihasilkan dalam penelitian pengembangan ini dinyatakan layak digunakan sebagai bahan ajar iii menghaslkan produk brupa media pembeljaran busy book untuk meningkatkan kemampuan kognitif anak usia dini. Kata Kunci : Media pembelajaran, busy book, kognitif

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:18
Last Modified: 02 Jan 2023 02:51
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22426

Actions (login required)

View Item View Item