PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 BUMI MULYO LAMPUNG TIMUR

RAHMA, SUSANTI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS IV SD NEGERI 3 BUMI MULYO LAMPUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMA SUSANTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis eksperimen Quasy Eksperiment Design. Jenis penelitian menggunakan pretest dan postest dan di rancang dengan desain Nonequivalent Control Group Design yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri 3 Bumi Mulyo Lampung Timur dengan teknik pengambilan sampel yaitu dengan teknik Non Probability Sampling atau sampel tanpa acak. Sampel yang digunakan adalah kelas IV A dan IV B. Dengan teknik pengambilan data menggunakan tes. Model pembelajaran yang digunakan pada kelas eksperimen adalah model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan kontekstual dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran Direct Intruction (DI). Berdasarkan hasil analisis data maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) berbasis pendekatan kontekstual dalam perhitungan Uji-t, diperoleh nilai sig 0,05 (5%) pada sig (2-tailed) diperoleh 0,000 0,05 maka terdapat pengaruh yang signifikan hasil belajar peserta didik. Maka hipotesis H0 ditolak dan H1 diterima. Nilai rata-rata pretest pada kelas eksperimen yaitu 46,67 dan nilai posttest 82,57 lebih tinggi dibandingkan dengan hasil belajar matematika pada kelas kontrol dari rata-rata nilai prettest 55,42 dan nilai posttest 69,12 . Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbasis Pendekatan Kontekstual Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 3 Bumi Mulyo Lampung Timur, dan dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Model Problem Based Learning, Pendekatan Kontekstual, Hasil Belajar Matematika

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 04:07
Last Modified: 30 Dec 2022 04:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22424

Actions (login required)

View Item View Item