PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN PERSISTENSI DIRI SISWA SMA

DEWI, RATNA SARI (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN OPEN ENDED MENGGUNAKAN STRATEGI REACT TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR REFLEKTIF MATEMATIS DAN PERSISTENSI DIRI SISWA SMA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of skripsi munaqosah dewi cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berfikir reflektif matematis dan persistensi diri siswa merupakan kemampuan yang harus dimiliki siswa dalam upaya menyelesaikan masalah matematika. Berdasarkan pra penelitian yang dilakukan dikelas XI IPA SMAN 1 Labuhan Ratu, Lampung Timur, diperoleh informasi bahwa kemampuan berfikir reflektif matematis dan persistensi diri siswa masih tergolong rendah. Oleh karena itu penulis tertarik untuk melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui 1) pengaruh model pembelajaran open ended menggunakan strategi REACT terhadap kemampuan berfikir reflektif matematis dan persistensi diri, 2) pengaruh model pembelajaran open ended menggunakan strategi REACT terhadap kemampuan berfikir reflektif matematis, dan 3) pengaruh model pembelajaran open ended menggunakan strategi REACT terhadap persistensi diri siswa. Metode pada penelitian ini adalah kuantitatif, tipe desain penelitian Quasi Experimental Desaign dengan populasi seluruh siswa kelas XII IPA di SMAN 1 Labuhan Ratu, Lampung Timur. Pengambilan sampel pada penelitian menggunakan teknik Cluster Random Sampling yang menghasilkan tiga kelas sebagai sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan Multivariate Analisis Of Varian (MANOVA) dengan taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil perhitungan yang sudah dilakukan diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Open Ended menggunakan strategi REACT terhadap kemampuan berfikir reflektif matematis dan persistensi diri siswa dengan nilai signifikansi < 0,05. Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Open Ended menggunakan strategi REACT terhadap kemampuan berfikir reflektif matematis siswa dengan nilai signifikansi < 0,05. Dan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran Open Ended menggunakan strategi REACT terhadap persistensi diri siswa dengan nilai signifikansi < 0,05. Kata Kunci : Open Ended, Strategi REACT, Berfikir Reflektif Matematis, Persistensi Dir

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:57
Last Modified: 30 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22421

Actions (login required)

View Item View Item