ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PRODUK “TRAFFIC BUN” GENERASI Z KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus Pada Outlet Traffic Bun Kota Bandar Lampung)

NUR, AZIZAH SAMBUAGA (2022) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PURCHASE INTENTION PRODUK “TRAFFIC BUN” GENERASI Z KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi kasus Pada Outlet Traffic Bun Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI NUR AZIZAH SAMBUAGA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Sebagai negara dengan populasi muslim terbesar di dunia yakni mencapai 231,06 juta atau 86,7 % dari total penduduknya, Indonesia menjadi negara dengan tingkat kebutuhan akan produk makanan halal yang tinggi, produk makanan cepat saji salah satunya, namun besarnya pangsa pasar ini belum sepenuhnya diiringi dengan kesadaran akan pentingnya keberadaan label halal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui faktor faktor yang dapat berpengaruh terhadap purchase intention generasi Z Kota Bandar Lampung terhadap makanan cepat saji pada outlet Traffic Bun. Dalam penelitian ini akan menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan analisis deskriptif, dan metode SEM-PLS akan diterapkan untuk menganalisis pengaruh dari setiap variabel-variabelnya. Populasi yang akan menjadi objek penelitian adalah Generasi Z di Kota Bandar Lampung, Penyebaran kuesioner dalam bentuk google form dilakukan secara online dengan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari lima variabel yang diteliti terdapat tiga variabel yaitu kualitas produk, harga dan halal awareness yang berpengaruh secara signifikan terhadap purchase intention, apabila dilihat berdasarkan perspektif Islam, hal ini sejalan dengan isi kandungan dalam Q.S Al-Maidah ayat 88 yang berisi perintah Allah SWT untuk memakan yang baik dan yang telah halal. Kata Kunci: Produk Makanan Halal, Label Halal, Purchase Intention iii ABSTRACT As a country with the largest Muslim population in the world, reaching 231.06 million people or 86.7% of the total population, Indonesia has a high demand for halal food products, one of which is fast food products. but the size of this market share has not been fully accompanied by awareness of the importance existence of halal labels. This study aims to analyze and find out the factors that can influence the purchase intention of Z generation in Bandar Lampung City towards fast food at Traffic Bun outlets. In this study a quantitative method will be used with a descriptive analysis approach, and the SEM-PLS method will be applied to analyze the effect of each variables. The population that will be the object of research is Z Generation in Bandar Lampung City. The questionnaire in the form of a Google form was carried out online using the purposive sampling method. The results showed that , five variables studied, there were three variables which is product quality, price and halal awareness which had a significant effect on purchase intention. In Islamic perspective, this is in line with the content in Q.S Al-Maidah verse 88 which contains that Allah SWT's command us to eat somethings good halal. Key word: Halal food products, halal label, Purchase intention

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:44
Last Modified: 30 Dec 2022 03:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22419

Actions (login required)

View Item View Item