PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN MODEL ROLEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KRITIS MATEMATIS

ERIKA, WULAN CAHYA (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL MENGGUNAKAN MODEL ROLEM DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR REFLEKTIF DAN KRITIS MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ERIKA WULAN CAHYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengembangan e-modul menggunakan model ROLEM, (2) mengetahui kelayakan dan kemenarikan dari e-modul menggunakan model ROLEM, dan (3) mengetahui efektivitas e-modul menggunakan model ROLEM untuk pembelajaran pola bilangan kelas VIII SMPN 1 Ketapang dalam meningkatan kemampuan berpikir reflektif dan kritis matematis peserta didik. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Penelitian pengembangan ini berupa e-modul menggunakan model ROLEM yang valid, menarik, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir reflektif dan kritis peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu wawancara, angket, dokumentasi, dan tes. Validasi dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Uji coba dilakukan 3 tahap yaitu uji coba kelompok kecil, uji coba kelompok besar dan uji efektifitas. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster random sampling dengan subjek uji coba yaitu kelas VIII A dan VIII B di SMP Negeri 1 Ketapang. Hasil validasi ahli materi terkait tingkat kelayakan e-modul mendapatkan skor rata-rata sebesar 3,87 dengan kriteria “valid” sedangkan validasi media mendapatkan skor rata-rata yaitu 3,30 dan kriteria “valid”. Uji kemenarikan diperoleh kriteria “sangat menarik” dengan skor sebesar 3,69 pada uji coba kelompok kecil dan pada uji coba kelompok besar mendapat kriteria “sangat menarik” dengan skor kemenarikan sebesar 3,75. Pada uji efektifitas kemampuan berpikir reflektif diperoleh skor uji effect size sebesar 0,526 dengan kategori “sedang” dan pada kemampuan berpikir kritis diperoleh skor uji effect size sebesar 0,413 dengan kategori “rendah”, sehingga e-modul menggunakan model ROLEM dinyatakan layak dan siap digunakan sebagai bahan ajar. Kata Kunci : E-Modul, Model ROLEM, Kemampuan berpikir reflektif dan Kemampuan Berpikir Kritis. IV ABSTRACT The aims of this study were to: (1) determine the development of e-modules using the ROLEM model, (2) determine the feasibility and attractiveness of e-modules using the ROLEM model, and (3) determine the effectiveness of e-modules using the ROLEM model for learning number patterns. class VIII SMP N 1 Ketapang in improving students' mathematical reflective and critical thinking skills. This type of research is development research (R&D) with the ADDIE development model. This development research is in the form of an e-module using a valid, attractive, and effective ROLEM model to improve students' reflective and critical thinking skills. Data collection techniques in this study are interviews, questionnaires, documentation, and tests. Validation was carried out by material experts and media experts. The trial was carried out in 3 stages, namely small group trials, large group trials and effectiveness tests. The sampling technique used was cluster random sampling with the test subjects being class VIII A and VIII B at SMP Negeri 1 Ketapang. The results of material expert validation related to the feasibility level of e-modules got an average score of 3,87 with "valid" criteria while media validation got an average score of 3,30 and "valid" criteria. The attractiveness test obtained the criteria of "very interesting" with a score of 3,69 in the small group trial and in the large group trial the criteria was "very interesting" with an attractiveness score of 3,75. In the effectiveness test of reflective thinking skills, an effect size test score of 0,526 is obtained in the "medium" category and in the critical thinking ability, an effect size test score is 0,413 in the "low" category, so that the e-module using the ROLEM model is declared feasible and ready to be used as material. teach. Keywords: E-Module, ROLEM Model, Reflective Thinking Ability and Critical Thinking Ability.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:31
Last Modified: 30 Dec 2022 03:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22417

Actions (login required)

View Item View Item