PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT�OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES IPA KELAS IV

Laras, Dwi Mulyani (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT�OBSERVE-EXPLAIN) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES IPA KELAS IV. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI Laras Dwi Mulyani.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE (PREDICT�OBSERVE-EXPLAIN)TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KETERAMPILAN PROSES IPA KELAS IV Oleh: LARAS DWI MULYANI Kegiatan proses pembelajaran IPA di MI Nurul Islam Lampung Selatan menggunakan model pembelajaran yang masih berpusat pada pendidik. Ketika kegiatan belajar mengajar peserta didik kurang terlibat aktif, hanya beberapa peserta didik yang aktif dan peserta didik lainnya cenderung pasif. Selain itu, dalam kegiatan pembelajaran peserta didik belum pernah melakukan praktikum disebabkan penerapan dalam pembelajaran belum diterapkan secara keseluruhan hanya mengenai pengetahuan berupa teori saja. Hal ini dapat dikatakan bahwa pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik. Untuk mengukur pemahaman konsep peserta didik dilakukan tes berupa soal uraian berjumlah 15 butir soal pada materi energi alternatif dan untuk mengukur keterampilan proses sains peserta didik dilakukan melalui observasi dari praktikum yang meliputi 6 indikator keterampilan proses sains. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah quasy experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Desain. Populasi penelitian adalah seluruh peserta didik kelas IV di MI Nurul Islam Lampung Selatan. Teknik pengambilan sampel menggunakan Non Probability Sampling. Sampel yang digunakan ialah kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil perhitungan uji normalitas dan uji homogen, data yang diperoleh pada pemahaman konsep dan keterampilan proses sains berdistribusi normal dan homogen kemudian dilanjutkan uji hipotesis berupa uji multivariate of variance (MANOVA) menunjukkan taraf signifikasinya 0,001 lebih kecil dari 0,05 (< 0,05) yang berarti bahwa H0 ditolak dan Ha diterima. Hasil uji hipotesis menunjukkan adanya perbedaan pemahaman konsep dan keterampilan proses sains antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) berpengaruh terhadap pemahaman konsep dan keterampilan proses sains peserta didik. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain), Pemahaman Konsep, Keterampilan Proses Sains.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:23
Last Modified: 30 Dec 2022 03:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22416

Actions (login required)

View Item View Item