PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) MATERI LAGU DAERAH SISWA KELAS IV SDN 1 SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG

MAULIDA, UTAMI (2022) PENGARUH MEDIA INTERAKTIF ANIMASI TERHADAP MINAT BELAJAR PADA MATA PELAJARAN SENI BUDAYA DAN PRAKARYA (SBDP) MATERI LAGU DAERAH SISWA KELAS IV SDN 1 SAWAH LAMA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI MAULIDA UTAMI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar siswa dalam belajar lagu daerah pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP). Permasalahannya adalah kurangnya media yang bervariasi pada saat pembelajaran SBdP materi lagu daerah. Pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) khususnya belajar lagu daerah diharapkan mampu mengasah kemampuan dan meningkatkan minat belajar meteri lagu daerah pada siswa. Dalam hal ini peneliti mencoba untuk menerapkan media interaktif animasi dalam meningkatkan minat belajar lagu daerah pada siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawah Lama Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi lagu daerah siswa kelas IV SD Negeri 1 Sawah Lama Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimental dengan bentuk desain Nonequivalent Control Group Design. Teknik sampling yang digunakan adalah Cluster Sampling (Area Sampling). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dari hasil uji hipotesis Independent Sample T-test yang dilakukan pada kelas eksperimen dan kelas kontrol didapatkan Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 artinya media interaktif animasi memberikan pengaruh signifikan terhadap minat belajar pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi lagu daerah siswa kelas IV SDN 1 Sawah Lama Bandar Lampung. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak dan diterima, artinya ada pengaruh signifikan media interakif animasi terhadap minat belajar pada mata pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) materi lagu daerah siswa kelas IV SDN 1 Sawah Lama Bandar Lampung Kata Kunci: Media Interaktif Animasi, Minat Belajar, Lagu Daerah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:14
Last Modified: 30 Dec 2022 03:19
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22415

Actions (login required)

View Item View Item