PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUMBER DERAS MESUJI OKI SUMATERA SELATAN

SITI, KOMARIAH (2022) PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN PUZZLE DALAM PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PGRI SUMBER DERAS MESUJI OKI SUMATERA SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of skripsi SITI KOMARIAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan sosial emosional adalah salah satu aspek perkembangan yang sangat penting pada tahap-tahap perkembanga anak yang harus diutamakan pada pembelajaran di taman kanak�kanak. Kemampuan sosial emosional di TK PGRI Sumber deras Kecamatan Mesuji OKI Sumatera Selatan masih tergolong cukup baik, hal ini disebabkan karena adanya faktor-faktor kendala yang dialami oleh anak seperti kurang bersemangat atau malas, kurang percaya diri, kurang menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah, serta beberapa faktor lainya. Salah satu media yang dapat mendorong perkembangan sosial emosional anak yaitu permainan puzzle. permainan puzzle merupakan sebuah permainan yang berupa kepingan-kepingan gambar yang tersusun secara acak, kemudian permainan tersebut akan disususun menjadi suatu bentuk gambar yang utuh. Permainan ini digunakan untuk menunjang keberhasilan pendidikan dalam mengembangkan sosial emosional anak. penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sosial emosional anak melalui permainan puzzle di TK PGRI Sumber Deras Kecamata Mesuji OKI Sumatera Selan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskrptif, jenis penelitian ini dapat diartikan secara ilmiah sebagai sumber untuk mendapatkan data yang mempunyai tujuan serta kegunaan tertentu. Sesuai dengan focus penelitian yang mempunyai tujuan agar dapat memeproleh gambaran dilpangan tetntang bagaimana penggunaan media permainan puzzle dalam perkembanagn sosial emosioal anak usia 5-6 tahun di TK PGRI Sumber Deras Kecamatan Mesuji OKI Sumatera Selatan, untuk itu penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara serta dokumentasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa terdapat 3 anak yang Berkembang Sesuai Harapan (BSH) serta terdapat 7 anak yang Berkembang Sangat Baik. penggunaan permainan puzzle ternyata efektif untuk anak usia 5-6 tahun dalam mengembangkan sosial emosional anak serta memudahakan guru dalam menstimulus perkembangan sosial emosional anak. anak dapat tertarik untuk dapat melakukan kegiatan permainan puzzle yang berpariasi serta menarik, anak akan cenderung berinterksi secara langsung dengan teman sebaya, anak akan bersemangat dalam merangkai gambar-gambar yang tersusun acak, serta anak akan lebih percaya diri dalam menunjukan hasil belajarnya. Kata kunci : permainan puzzle dalam perkembangan sosioal emosional ii ABSTRAK Social emotional development is one of the very important aspects of development in the stages of child development that should take precedence in learning in kindergarten. Social emotional skills in PGRI Sumber deras Kindergarten, Mesuji District, OIC, South Sumatra are still quite good, this is due to the factors of obstacles experienced by children such as lack of enthusiasm or laziness, lack of confidence, lack of compliance with the rules set by the school, as well as several other factors. One of the media that can encourage children's social emotional development is puzzle games. Puzzle game is a game in the form of pieces of images arranged randomly, then the game will be arranged into a complete image form. This game is used to support educational success in developing children's social and emotional. This study aims to develop children's social and emotional through puzzle games at PGRI Sumber Deras Kecamata Mesuji OIC Sumatra Selan Kindergarten. This type of research is descriptive qualitative, this type of research can be interpreted scientifically as a source to obtain data that has a certain purpose and use. In accordance with the focus of the research which has the aim of being able to produce a picture of how the use of puzzle game media in the social emotional development of children aged 5-6 years in PGRI Sumber Deras Kindergarten, Mesuji District, OKI, South Sumatra, for this reason, this study uses data collection techniques in the form of observation, interviews and documentation. The results of the study showed that there were 3 children who developed as expected (BSH) and there were 7 children who developed very well. The use of puzzle games turns out to be effective for children aged 5-6 years in developing children's social emotions and makes it easier for teachers to stimulate children's social emotional development. children can be interested in being able to do puzzle game activities that are inspired and interesting, children will tend to interact directly with peers, children will be enthusiastic in stringing together randomly arranged images, and children will be more confident in showing their learning outcomes. Keyword: puzzle game in social emotional development

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:38
Last Modified: 30 Dec 2022 02:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22410

Actions (login required)

View Item View Item