Andriyani, Yunita
(2017)
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE TIPE STUDENT
FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR
SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM SISWA KELAS IV
MIN 2 BANDAR LAMPUNG.
Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.
Abstract
Motivasi belajar sangat diperlukan dalam pembelajaran. Rendahnya motivasi
belajar siswa kelas IV MIN 2 Bandar Lampung dipengaruhi oleh penggunaan model
pembelajaran yang kurang mendukung keaktifan siswa saat proses pembelajaran.
Adapun permasalahan yang mendasari dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh
model pembelajaran cooperative tipe Student Fcilitator and Explaining terhadap
motivasi belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV MIN 2 Bandar Lampung.
Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran cooperative tipe Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi
belajar Sejarah Kebudayaan Islam siswa kelas IV MIN 2 Bandar Lampung.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain Quasy
Eksperimental design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV MIN 2
Bandar Lampung yang terdiri dari 3 kelas. Sampel penelitian ini adalah kelas IV B
sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 35 siswa dan kelas IV A sebagai kelas
kontrol yang berjumlah 34 siswa. Motivasi siswa diukur dengan menggunakan tes
berbentuk angket sebanyak 20 pernyataan yang telah dinyatakan valid dan reliabel.
Berdasarkan hasil analisis statistik normalitas, homogenitas dan uji t,
diperoleh kesimpulan bahwa ada pengaruh model pembelajaran cooperative tipe
Student Facilitator and Explaining terhadap motivasi belajar Sejarah Kebudayaan
Islam siswa kelas IV MIN 2 Bandar Lampung. Pada kelas eksperimen dengan
menggunakan model Student Facilitator and Explaining, motivasi siswa memiliki
rata-rata skor 73,588. Adapun untuk kelas kontrol memiliki skor rata-rata motivasi
belajar siswa 68,5
Actions (login required)
 |
View Item |