Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI

Kurni, Anzarwati Ningsih (2022) Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving disertai Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas XI. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of skripsi Kurni Anzarwati Ningsih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH MODEL PEMBELAJAR CREATIVE PROBLEM SOLVING DISERTAI MIND MAPPING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI Oleh Kurni Anzarwati Ningsih Kemampuan berpikir kreatif perlu dimiliki peserta didik karena dapat membantu peserta didik menemukan ide atau solusi baru dalam menyelesaikan masalah. Selain kemampuan berpikir kreatif, peserta didik juga perlu memiliki motivasi belajar yang tinggi dalam melakukan pembelajaran. Namun, kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar peserta didik di SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung masih rendah. Salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menerapkan model pembelajaran creative problem solving disertai mind mapping. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving disertai mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas XI dan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran creative problem solving disertai mind mapping terhadap motivasi belajar peserta didik kelas XI. Metode penelitian ini menggunakan jenis penelitian quasi eksperimen dengan desain penelitian post test-only control design. Populasi dalam penelitian adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2022/2023. Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI IPA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 2 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan uji t, diperoleh hasil kemampuan berpikir kreatif sebesar 0,00 < 0,05 dan motivasi belajar 0,00 < 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa H0 = ditolak dan H1 = diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran creative problem solving disertai mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif dan motivasi belajar peserta didik kelas XI. Kata Kunci: model pembelajaran creative problem solving, mind mapping, kemampuan berpikir kreatif, motivasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:31
Last Modified: 29 Dec 2022 07:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22404

Actions (login required)

View Item View Item