EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 TALANG PADANG TANGGAMUS

YOLANDA AMELIA, SAPUTRI (2022) EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 1 TALANG PADANG TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI YOLANDA AMELIA SAPUTRI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN NEUROSAINS DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK KELAS VIII PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP N 1 TALANG PADANG TANGGAMUS Oleh : Yolanda Amelia Saputri Kemampuan berpikir kritis peserta didik jarang sekali menjadi perhatian pendidik. Rendahnya kemampuan berpikir kritis peserta didik disebabkan karena kegiatan pembelajaran yang masih berpusat kepada pendidik. Akibatnya peserta didik kesulitan dalam menyelesaikan soal-soal pendidikan agama islam. Sehingga dibutuhkan inovasi baru dalam pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektikan penerapan pendekatan neurosains dalam peningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini Quasy Eksperimen dengan menggunakan desain pretest-postest menggunakan kelompok kontrol. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Talangpadang tanggamus, untuk sampel yang diambil sebanyak 2 kelas yaitu kelas VIII.1 (kelas eksperimen) dan kelas VIII.3 (kelas kontrol) dengan teknik pengambilan sampel yaitu secara acak (simple random sampling). Uji prasyarat yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dengan taraf signifikan 5% diperoleh kesimpulan bahwa (1) terdapat pengaruh model pembelajaran pendekatan neurosains terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis (2) terdapat pengaruh kemandirian belajar tinggi, sedang, rendah terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik (3) terdapat interaksi antara perlakuan model pembelajaran pendekatan neurosains terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Kata Kunci : Model Pembelajaran Pendekatan Neurosains dan Peningkatan Berpikir Kritis iv ABSTRACT THE EFFECTIVENESS OF THE APPLICATION OF THE NEUROSCIENCE APPROACH IN IMPROVING THE CRITICAL THINKING SKILLS OF CLASS VIII STUDENTS IN LEARNING ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION AT SMP N 1 TALANG PADANG TANGGAMUS By : Yolanda Amelia Saputri The critical thinking ability of students is rarely a concern of educators. The low critical thinking ability of students is caused by learning activities that are still centered on educators. As a result, students have difficulty in solving problems of islamic religius education. So that new innovations in learning are needed to develop these abilities. This study aims to determine the effectiveness of the application of the neuroscience approach in improving students critical thinking skills. The method used in this study is Quasy Eksperimen using a control group. The population in this study were all students of class VIII SMPN 1 Talangpadang tanggamus, for the sample taken as many as 2 classes, namely class VIII.1 (experimental class) and class VIII.3 (control class) with a random sampling technique (random sample sampling). The prerequisite test used in this research is the normality test and homogeneity test. Based on the results of research and discussion with a significant rate of 5%, it can be concluded that (1) there is an influence of the neuroscience approach learning model on improving critical thinking skills (2) there is an influence of high, medium, low learning independence on students critical thinking skills (3) there is an interaction between the treatment of the neuroscience approach learning model on improving students critical thinking skills. Keywords : Learning Model Of Neuroscience Approach And Improvement Of Critical Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:20
Last Modified: 29 Dec 2022 07:20
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22403

Actions (login required)

View Item View Item