ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE MOBILE L E G E N D S B A N G B A N G T E R H A D A P KONSENTRASI BELAJAR DI SMAN 1 SEPUTIH AGUNG KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

Ainia, Alfatimah (2022) ANALISIS DAMPAK GAME ONLINE MOBILE L E G E N D S B A N G B A N G T E R H A D A P KONSENTRASI BELAJAR DI SMAN 1 SEPUTIH AGUNG KECAMATAN SEPUTIH AGUNG KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi Ainia Alfatimah (1811060495).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Konsentrasi belajar merupakan suatu kemampuan dalam memusatkan perhatian pada saat proses belajar mengajar berlangsung. Gangguan dalam konsentrasi belajar bisa dari faktor internal dan faktor eksternal. Game online mobile legends bang bang merupakan salah satu wujud perkembangan teknologi dalam media baru, saat dimainkan secara berlebihan dapat membuang waktu sehingga membuat siswa lalai dengan kewajiban utama seperti belajar. Jika berlangsung terus�menerus menyebabkan siswa akan mengalami kecanduan yang berdampak pada kesulitan dalam menerima pelajaran. Untuk itu dilakukan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak game online mobile legends bang bang terhadap konsentrasi belajar. Penelitian ini termasuk dalam penelitian lapangan (field research). Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Sifat penelitian yang digunakan adalah deksriptif analisis dilaksanakan pada bulan Agustus-Sebtember 2022 di SMAN 1 Seputih Agung kelas XI yang mengambil mata pelajaran IPA. Sampel pada penelitian ini adalah siswa XI yang mengambil pelajaran IPA dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Metode pengumpulan data adalah observasi dan wawancara. Berdasarkan analisis data diketahui siswa yang bermain game online mendapatkan nilai ulangan harian kurang dari nilai setandar KKM IPA kelas XI. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui dampak positif yang diperoleh dari terlalu sering memainkan game online seperti merasa senang, bangga dengan hasil yang dicapai dari bermain game online, mengurangi rasa bosan, memperluas pertemanan di game online, mengisi waktu luang. Sedangkan dampak negatif yang diperoleh seperti kesulitan dalam membagi waktu, sering berkata kasar, tidak mampu berkonsentrasi dalam hal lain, tidur sampai larut malam, menghabiskan paket internet, mengganggu waktu saat jam pelajaran, kurang aktif dalam belajar. Dari hasil observasi dan wawancara siswa mengalami dampak game online terhadap konsentrasi belajar dipengaruhi dari waktu yang seharusnya digunakan untuk belajar siswa cenderung menggunakan waktu tersebut untuk bermain game online, dan berpengaruh saat belajar dikelas, tidur hinnga larut malam membuat siswa mengantuk didalam kelas, memikirikan hal-hal yang berhubungan dengan game membuat tidak berkonsentrasi. Kata kunci: game online mobile legends bang bang, konsentrasi belajar

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 29 Dec 2022 07:09
Last Modified: 29 Dec 2022 07:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22402

Actions (login required)

View Item View Item