PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP IT INSAN MULIA BATANGHARI TAHUN AJARAN 2016/2017

Alimah, Cahya Furqona (2017) PENGARUH METODE HYPNOTEACHING TERHADAP KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA KELAS VIII SMP IT INSAN MULIA BATANGHARI TAHUN AJARAN 2016/2017. Undergraduate thesis, IAIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI_LENGKAP.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sasaran dalam pembelajaran matematika diantaranya adalah mengembangkan kemampuan berpikir matematis. Untuk berpikir secara matematis, siswa harus memiliki kemampuan representasi. Rendahnya kemampuan representasi matematis siswa kelas VIII SMP IT Insan Mulia Batanghari disebabkan karena siswa gagal memahami konsep-konsep yang diajarkan kepada mereka. Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui pengaruh metode hypnoteaching terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa metode hypnoteaching mempunyai pengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata hasil tes kemampuan representasi matematis siswa setelah diberikan pembelajaran dengan metode hypnoteaching. Pada perlakuan pertama rata-ratanya sebesar 9, pada perlakuan kedua sebesar 11.5, dan rata-rata pada perlakuan ketiga sebesar 14.464. Setelah dilakukan uji hipotesis dengan uji statistik one way anova diperoleh yang berarti terdapat minimal satu pasang perlakuan yang memberikan rata-rata berbeda. Setelah itu dilakukan uji Scheffe dan diperoleh bahwa terdapat perbedaan rata-rata signifikan hasil tes representasi matematis pada pasangan perlakuan pertama dengan perlakuan ketiga. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah bahwa metode hypnoteaching mempunyai pengaruh terhadap kemampuan representasi matematis siswa. Pengaruh yang paling nyata terlihat pada perlakuan ketiga. Metode hypnoteaching berpengaruh signifikan setelah dilakukan tiga kali penerapan metode tersebut pada pembelajaran siswa. Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Kemampuan Representasi Matematis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Cahya Furqona Alimah
Date Deposited: 06 Mar 2017 02:59
Last Modified: 06 Mar 2017 02:59
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/224

Actions (login required)

View Item View Item