PENGARUH INVESTMENT ACCOUNT HOLDER DAN CORPORATE GOVERNANCE INDEX TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX DI BANK UMUM SYARIAH INDONESIA PERIODE (2018-2020)

LISNAWATI, Sutaryono (2022) PENGARUH INVESTMENT ACCOUNT HOLDER DAN CORPORATE GOVERNANCE INDEX TERHADAP PENGUNGKAPAN ISLAMIC SOCIAL REPORTING INDEX DI BANK UMUM SYARIAH INDONESIA PERIODE (2018-2020). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LISNAWATI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Investment Account Holder adalah elemen penting pada suatu perbankan syariah sehingga perbankan syariah harus dapat mengelola dana dari nasabah dengan sebaik-baiknya dan bertanggung jawab. IAH menentukan tingkat pengawasan dan tingkat pengungkapan, sebab dana yang diperoleh bank berasal dari dana nasabah dalam bentuk tabungan deposito dengan akad mudharabah. Tata kelola perusahaan merupakan salah satu elemen pokok dalam setiap pengembangan perusahaaan karena memainkan peran untuk merancang dan menyebarluaskan prinsip keadilan, akuntabilitas, dan transparansi. Tanggung jawab sosial hal yang harus diperhatikan oleh perusahaan, karena akan mempengaruhi keberlanjutan operasional perusahaan. Adapun faktor yang mempengaruhi pengungkapan tanggung jawab sosial yaitu IAH merupakan sumberdana terbesar bagi perusahaan serta tata kelola yang berkaitan dengan struktur dan mekanisme perusahaan untuk mencapai tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh IAH dan Corporate Governance Index baik secara parsial maupun simultan terhadap Index ISR. Teori yang digunakan teori legitimmasi, teori stakeholder, dan teori keagenan. Metode kuantitatif, populasi menggunakan BUS. Sampel menggunakan metode purposive sampling. Analisis yang digunakan data panel dan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas, uji multikolonieritas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi. Uji hipotesis menggunakan metode regresi linier berganda serta uji koefisien determinasi dengan alat olah data SPSS versi 25. Hasil penelitian menunjukkan IAH dan Corporate Governance Index berpengaruh secara parsial terhadap Islamic Social Reporting Index. KemudianIAH dan Corporate Governance Index secara simultan berpengaruh terhadap Index ISR. IAH dalam Perspektif Islam yaitu Islam memandang investasi sebagai hal yang sangat penting sebagai langkah antisipatif terhadap kejadian di masa depan. Kata Kunci : Investment Account Holder, corporate governance Index, Islamic Social Reporting Index

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2022 07:41
Last Modified: 28 Dec 2022 07:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22384

Actions (login required)

View Item View Item