PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Teluk Betung Bandar Lampung)

Seftiani, S (2017) PENGARUH CITRA PERUSAHAAN DAN ATRIBUT PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN MENABUNG NASABAH DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM ( Studi Pada Nasabah Bank Syariah Mandiri KC Teluk Betung Bandar Lampung). Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_FIX_SEFTIANI.pdf]
Preview
PDF
Download (2MB) | Preview

Abstract

Persaingan dalam dunia bisnis perbankan yang semakin ketat membuat perusahaan berusaha mencari strategi yang tepat dalam memasarkan produknya, upaya penghimpun dana dirancang sedemikian rupa agar menarik minat masyarakat untuk menjadi nasabah. Pilihan konsumen pada suatu produk tergantung pada citra yang melekat dan berbagai atribut produk yang ditawarkan yang oleh perusahaan tersebut. Untuk itu perusahaan harus mampu membangun citra yang positif dan lebih baik dari pesaing serta menawarkan produk berikut dengan atributnya yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan nasabah. Permasalahan penelitian ini bagaimana pengaruh citra perusahaan terhadap keputusan menabung nasabah, bagaimana pengaruh atribut produk terhadap keputusan menabung nasabah, serta bagaimana pandangan ekonomi Islam mengenai citra perusahaan dan atribut produk yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengaruh citra perusahaan dan atribut produk terhadap keputusan menabung nasabah dan bagaimana pandangan ekonomi Islam mengenai citra perusahaan dan atribut produk yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri. Dalam penelitian ini penulis menggunakan metode kuantitatif dengan pengambilan sampel menggunakan teknik sample random sampling. Data yang digunakan adalah data primer, melalui penyebaran kuesioner kepada responden yaitu nasabah Bank syariah Mandiri KC Teluk Betung Bandar Lampung sebanyak 100 responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi linier berganda dengan uji t, uji f dan koefisien determinasi (Adjusted R2) yang diolah dengan program SPSS. Berdasarkan hasil penelitian pada taraf signifikansi 5% menunjukan bahwa citra perusahaan berpengaruh positif terhadap keputusan menabung nasabah. Hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (3,518 > 1,985). Atribut produk berpengaruh positif terhadap keputusan menabung nasabah , hal ini dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel (7,009> 1, 985). Citra perusahaan dan atribut produk yang diterapkan oleh Bank Syariah Mandiri telah sesuai dengan prinsip Islam, hal tersebut dilakukan dengan menerapkan konsep bisnis Rasulullah yakni Shiddiq, amanah, fathanah dan tabligh. Pada setiap produk Bank Syariah Mandiri tidak mengandung unsur riba, menggunakan sistem bagi hasil, tidak mengandung unsur maisir dan gharar serta dana yang diinvestasikan ke usaha yang halal sesuai syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: ADMINLIB PERPUSTAKAAN
Date Deposited: 17 Nov 2017 01:31
Last Modified: 17 Nov 2017 01:31
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2238

Actions (login required)

View Item View Item