KOMPARASI DAYA SERAP DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA MEDIA BACA BUKU CETAK DAN BUKU ELEKTRONIK MENGGUNAKAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA TAMAN SISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG

ROHIM, TRYANMAR (2022) KOMPARASI DAYA SERAP DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS X PADA MEDIA BACA BUKU CETAK DAN BUKU ELEKTRONIK MENGGUNAKAN GADGET DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI DI SMA TAMAN SISWA TELUK BETUNG BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of Skripsi ROHIM TRYANMAR.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Media baca buku cetak dan buku elektronik adalah media yang banyak digunakan pada zaman modern sekarang ini. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat perbandingan lebih baik belajar menggunakan media buku cetak atau media buku elektronik dalam masalah daya serap dan pemahamannya. Penelitian ini dilakukan pada jenjang pendidikan SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ialah metode kuantitatif dan jenis komparatif. Populasi yang diambil yaitu SMAS Taman Siswa Teluk Betung, dan sampel yang diambil kelas X MIPA I, X MIPA II, dan X IPS total sampel adalah 18 responden yang akan dibagi menjadi dua kelas, kelas buku cetak dan buku elektronik. Metode pengumpulan data yang dipakai oleh peneliti adalah angket, wawancara, observasi dan soal tes. Berdasarkan hasil dari penelitian bisa disimpulkan bahwa kecenderungan minat membaca para peserta didik di SMAS Taman Siswa Teluk Betung ialah membaca pelajaran menggunakan buku cetak dengan minat sebanyak 65,4% sedangkan membaca pelajaran menggunakan buku elektronik dengan minat sebanyak 34,6%. Dan berdasakan analisis data hasil tes menunjukkan nilai rata-rata yang di dapatkan dari kelompok buku cetak adalah 57,77 dan nilai rata-rata yang di dapatkan dari kelompok buku elektronik adalah 52,22. Hasil uji hipotesis diketahui nilai sig. (2-tailed) pada bagian equal variances assumed adalah sebesar 0,483 > 0,05, maka sesuai dengan dasar pengambilan keputusan adalah H0 diterima dan Ha ditolak. Oleh sebab itu bisa diartikan tidak ada perbedaan daya serap dan pemahaman peserta didik kelas X terhadap media baca buku cetak dengan buku elektronik. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya adalah melakukan penelitian dengan skala populasi yang lebih luas dan sampel lebih banyak. Agar nanti hasilnya bisa di bandingkan kembali dengan penelitian ini terdapat perbedaan atau tidak. Kata Kunci: Komparasi, Daya Serap, Buku Cetak, dan Buku Elektonik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:41
Last Modified: 28 Dec 2022 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22376

Actions (login required)

View Item View Item