“TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG TRANSAKSI JUAL BELI DENGAN SISTEM PRE ORDER MERCHANDISE KPOP (Studi pada Sosial Media Instagram @Indomyclub dan @PriorKit).

Siti, Rohmah Wati (2022) “TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG TRANSAKSI JUAL BELI DENGAN SISTEM PRE ORDER MERCHANDISE KPOP (Studi pada Sosial Media Instagram @Indomyclub dan @PriorKit). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of bab 1,5 dapus.pdf] PDF
Download (956kB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sistem pre order sudah menjadi hal yang biasa dalam transaksi jual beli online. Apalagi dalam hal dunia per kpop an. Penggemar kpop pasti sangat loyal terhadap idol yang digemarinya. Mereka tidak sungkan untuk mengeluarkan dana dan membeli berbagai macam merchandise kpop. Sehingga dengan adanya perilaku konsumtif para penggemar kpop ini dimanfaatkan oleh penjual online dengan membuka jual beli sistem pre order untuk pembelian merchandise kpop ini dari Korea. Dalam hal ini penjual menyebutkan spesifikasi barang sebelum terjadinya proses pemesanan, penjual menerima order dari pemesan suatu produk dan sistem pembeliannya dengan memesan dan membayar terlebih dahulu di awal,dan diakhir dengan masa tenggang waktu tunggu. Merchandise K-Pop bisaberupa album, Lighstick, danpernak-pernik kpop lain. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik transaksi jual beli nya?, dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang jual beli dalam sistem pre order merchandise K-Pop ini ?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa praktik jual beli sistem pre order pada merchandise kpop di akun instagram Indomyclub dan PriorKit, dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap jual beli sistem pre order pada merchandise kpop di akun instagram Indomyclub dan PriorKit Penelitian ini termasuk ke dalam katagori jenis penelitian lapangan (field research), yaitu dilakukan di akun Indomyclub dan PriorKit. Penelitian ini bersifat deskriptif, serta menganalisis proses praktek tersebut dengan menggunakan pendekatan normative. Pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara melalui media sosial dan dokumentasi. Dalam analisis data menggunakan metode analisis-kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pelaksanaan praktik jual beli pre order di akun Indomyclub dan PriorKit termasuk ke dalam akad salam. Transaksi kedua online shop tersebut dilakukan dengan cara memposting gambar beserta tulisan di akun keduanya. iv Dan pembeli diharuskan mengisi data melalui link google form yang sudah disediakan. Kemudian melakukan pembayaran secara bertahap, pembayaran pertama adalah pembayaran muka dan ketika barang tersebut sudah sampai di Indonesia maka pembeli melakukan pelunasan yang tersisa. Akan tetapi terdapat hal-hal yang tidak sesuai dengan jual beli yaitu bersifat gharar seperti tidak dibayar secara tunai, ciri-ciri barang tidak dijelaskan dengan rinci dan tempo tidak diketahui. Apabila dalam pelaksanaan jual beli pre-order pada akun Indomyclub dan PriorKit ini terpenuhi syarat dan rukun akad salamnya dalam hukum Islam, maka jual beli tersebut diperbolehkan dalam hukum Islam dan sah dalam praktik jual belinya. Akan tetapi jual beli yang dilakukan oleh akun PriorKit belum sepenuhnya sah dalam hukum Islam. Sedangkan akun Indomyclub menurut hukum Islam jual beli nya sah dikarenakan ada.sifat.rela.antar.pembeli.dan.penjual. Kata kunci: pre-order, K-Pop, merchandise, salam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2022 06:36
Last Modified: 28 Dec 2022 06:36
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22375

Actions (login required)

View Item View Item