PRAKTIK KERJA SAMA BAGI HASIL PENGELOLAAN TAMBAK UDANG DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi di Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03 Kecamatan Rawa Jitu Timur Kabupaten Tulang Bawang)

Muhammad, Rama Kaneko (2022) PRAKTIK KERJA SAMA BAGI HASIL PENGELOLAAN TAMBAK UDANG DALAM PERSPEKTIF FIQH MUAMALAH (Studi di Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03 Kecamatan Rawa Jitu Timur Kabupaten Tulang Bawang). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI KECIL RAMA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Manusia merupaka makhluk sosial, dimana pasti ada kalanya membutuhkan bantuan dari orang lain. Seperti salah satunya yaitu melakukan kegiatan kerja sama. Kerja sama adalah suatu kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh dua orang atau lebih untuk mencapai tujuan bersama. Umumnya kerja sama yang terjadi di masyarakat adalah kerja sama yang daapat salingmenguntungkan. Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03 yang berada di Kecamatan Rawa Jitu Timur Kabupaten Tulang Bawang, melakukan suatu kegiatan kerja sama bagi hasil dalam melakukan pengelolaan tambak udang. Yang dimana kerja sama bagi hasil ini dapat berjalan dengan maksud agar saling tolong-menolong antar sesama manusia. Adapun permasalahan pada penelitian ini yaitu bagaimana praktik kerja sama bagi hasil di Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03 dan bagaimana perspekrif fiqh muamalah pada praktik kerja sama bagi hasil di Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03. Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (field research). Serta sifat penelitian ini menggunakan sifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data primer dan dana sekunder. Data primer yaitu sumber data yang sidapat langsung dari tempat penelitian yaitu di Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dimana hasilnya akan dianalisa dengam cara berpikir induktif. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapat mengenai praktik kerja sama bagi hasil tambak udang yang dilakukan di Kampung Bumi Dipasena Jaya RT 03 Kecamatan Rawa Jitu Timur Kabupaten Tulang Bawang, yaitu kerja sama yang dilakukan oleh masyarakat setempat dilakukan dengan tujuan untuk saling membantu antar sesama dalam memenuhi kebutuhan hidup. Jika dilihat dari pandangan fiqh muamalah maka hal ini sudah sesuai dimana tujuan dari fiqh muamalah tersebut adalah untuk saling membantu dalam kebutuhan hidup dengan melakukan suatu kegiatan usaha yang benar dan sesuai dengan perintah Allah SWT. Namun dalam praktiknya kerja sama ini masih ada beberapa syarat yang belum memenuhi seperti, kerja sama yang terjalin dengan akad yang hanya berbentuk lisan dan ada juga yang berbentuk tulisan. Dalam pembuatan akad, ada yang tidak menghadirkan saksi jadi pada saat tersebut akad hanya diucapkan secara lisan oleh kedua pihak tanpa adanya saksi. Dilakukan hal tersebut karena mereka beranggapan jika kerja sama iii yang akan berlangsung ini hanya sebatas kerja sama antar keluarga. Dalam beberapa akad juga ada yang tidak mencantumkan siapa yang akan bertanggung jawab jika suatu saat terjadi kerugian. Kata kunci : kerja sama, bagi hasil, tambak udang, fiqh muamalah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:57
Last Modified: 28 Dec 2022 03:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22369

Actions (login required)

View Item View Item