PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON TERHADAP KEMAMPUAN HOTS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE

Dhika, Aditya Wibowo (2022) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON TERHADAP KEMAMPUAN HOTS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL dhika aditya wibowo.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE PEER LESSON TERHADAP KEMAMPUAN HOTS DITINJAU DARI SELF CONFIDENCE Pelaksanaan pendidikan saat ini masih memiliki kekurangan yaitu lemahnya proses pembelajaran yang dilakukan membuat peserta didik kurang didorong untuk mengembangkan HOTS, hal ini dibuktikan dengan hasil pra penelitian yang rendah. Metode pembelajaran yang dapat dipakai serta diharapkan bisa meningkatkan HOTS dan dapat meningkatkan Self Confidence peserta didik adalah menggunakan metode Active Learning tipe peer lesson. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis quasi eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Bangunrejo Lampung Tengah. Teknik sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan sampel yang digunakan sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 4 sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan angket. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan taraf signifikasi 5%. Sesuai dengan analisis variansi dua jalan sel tak sama diperoleh hasil bahwa ditolak, karena taraf signifikan , sehingga disimpulkan bahwa terdapat perbedaan antara kelas yang menggunakan metode pembelajaran Active Learning Tipe Peer Lesson dengan metode pembelajaran ekspositori terhadap HOTS peserta didik. diterima, karena taraf signifikan , sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan self confidence tinggi, sedang, rendah terhadap HOTS. diterima, karena taraf signifikan , sehingga disimpulkan bahwa tidak terdapat interaksi antara metode pembelajaran Active Learning Tipe Peer Lesson dengan Self Confidence peserta didik terhadap HOTS. Kata Kunci: Active Learning Tipe Peer Lesson, Higher Order Thinking Skills (HOTS), Self Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2022 03:07
Last Modified: 28 Dec 2022 03:07
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22362

Actions (login required)

View Item View Item