Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X:Studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 kalirejo

Oktarosada, Dwi (2017) Implementasi pendidikan karakter pada pembelajaran pendidikan agama islam di kelas X:Studi kasus di SMK Muhammadiyah 2 kalirejo. Masters thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Cover.pdf]
Preview
PDF
Download (446kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Isi.pdf]
Preview
PDF
Download (69kB) | Preview
[thumbnail of Bab_I.pdf]
Preview
PDF
Download (201kB) | Preview
[thumbnail of Bab_II.pdf]
Preview
PDF
Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab_III.pdf]
Preview
PDF
Download (142kB) | Preview
[thumbnail of Bab_IV.pdf]
Preview
PDF
Download (282kB) | Preview
[thumbnail of Bab_V.pdf]
Preview
PDF
Download (101kB) | Preview
[thumbnail of Daftar_Pustaka.pdf]
Preview
PDF
Download (50kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran Agama menjadi sangat penting untuk menjadi pijakan dalam pembinaan karakter siswa, mengingat tujuan akhir dari pendidikan agama tidak lain adalah terwujudnya akhlaq atau karakter mulia. Tentu saja misi pembentukan karakter ini tidak hanya diemban oleh pendidikan agama, tatapi juga oleh pelajaran-pelajaran lain secara bersama-sama. Meskipun demikian, pendidikan agama dapat dijadikan basis yang langsung berhubungan dengan pengembangan karakter siswa, terutama karena hampir semua materi pendidikan agama sarat dengan nilai-nilai karakter. Di samping itu, aktifitas keagamaan di sekolah yang merupakan bagian dari pendidikan agama dapat dijadikan sarana untuk membiasakan siswa memiliki karakter mulia. Pendidikan Karakter adalah suatu sistem penanaman nilai-nilai perilaku (karakter) kepada warga sekolah yang meliputi komponen pengetahuan, kesadaran atau kemauan, dan tindakan untuk melaksanakan nilai-nilai tersebut, baik terhadap Tuhan Yang Maha Esa (YME), diri sendiri, sesama lingkungan, maupun kebangsaan sehingga menjadi manusia insan kamil. Berdasarkan tujuan pendidikan, sejatinya tidak hanya mengembangkan keilmuan, tetapi juga membentuk kepribadian, kemandirian, keterampilan sosial, dan karakter. Oleh sebab itu, berbagai program dirancang dan diimplementasikan untuk mewujudkan tujuan pendidikan tersebut, terutama dalam rangka pembinaan karakter. SMK Muhammadiyah 2 Kalirejo adalah suatu lembaga pendidikan yang dikategorikan salah satu pendidikan umum favorit di Kalirejo. SMK Muhammadiyah 2 ini beralamatkan di desa Kaliwungu kecamatan Kalirejo Lampung Tengah. Dalam penelitian tesis ini dilakukan untuk mengkaji Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Muhammadiyah 2, dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan terutama pengembangan potensi peserta didik untuk menjadi pribadi berperilaku baik yang mencerminkan karakter bangsa. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan adalah analisis kualitatif non statistik dengan analisis deskriptif sebagai penyajian datanya. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan pendidikan karakter pada proses pembelajaran yang dilakukan oleh guru meliputi perencanaan berupa silabus, RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran) yang diselipi nilai-nilai pembentuk karakter.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms. Rohai Inah Indrakasih
Date Deposited: 17 Nov 2017 01:27
Last Modified: 17 Nov 2017 01:27
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2236

Actions (login required)

View Item View Item