TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 12 PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 3 TAHUN 2020 TENTANG ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi pada satuan Tugas Corona virus disease 19 Kota Bandar Lampung)

AFIFAH, JOLA ARITA (2022) TINJAUAN FIQIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PASAL 12 PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 3 TAHUN 2020 TENTANG ADAPTASI KEBIASAAN BARU DALAM PENCEGAHAN DAN PENGENDALIAN CORONA VIRUS DISEASE 19 (Studi pada satuan Tugas Corona virus disease 19 Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI AFIFAH JOLA ARITA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Total kasus positif Corona virus disease 19 yang kian hari terus meningkat menjadi alarm bagi pemerintah untuk menekan laju penyebaran covid-19. Untuk menekan laju penyebaran Corona virus disease 19 pemerintah daerah mengeluarkan Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru Dalam Pencegahan Dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 mengenai pelaku usaha diatur dalam pasal 12 Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana Implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 3 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19 di satuan tugas Corona Virus Disease 19 Kota Bandar Lampung? Bagaimana Tinjuan Fiqh Siyasah terhadap implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 3 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19 di satuan tugas Corona Virus 19 Disease Kota Bandar Lampung? Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 di Kota Bandar Lampung dan untuk meneliti tinjuan fiqih siyasah atas implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari responden mengenai implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19, sedangkan data sekunder berupa artikel, jurnal, situs internet dan lieterlatur yang berkenaan dengan penelitian yang dilakukan. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan implementasi Pasal 12 Peraturan Daerah Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Adaptasi Kebiasaan Baru dalam Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 19 di satuan tugas Kota Bandar Lampung. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Pelaksanaan Pasal 12 Peraturan Daerah Provinsi Lampug Nomor 3 Tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan dan pengendalian corona virus disease 19 telah ditaati oleh pelaku usaha, meskipun masih ada sebagian pelaku usaha yang belum menaati peraturan, dan bagi pelaku usaha yang tidak menaati peraturan diberikan sanksi sesuai dengan peraturan daerah provinsi lampung Nomor 3 tahun 2020. Tinjauan fiqih siyasah dalam pengimplementasian pasal 12 peraturan daerah provinsi lampung Nomor 3 tahun 2020 tentang adaptasi kebiasaan baru dalam pencegahan pengendalian corona virus disease 19 adalah tidak bertentangan dengan kaidah hukum islam al maslahah al mursalah dari kepentingan umum menyangkut keselamatan masyarakat di kota bandar lampung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 28 Dec 2022 02:46
Last Modified: 28 Dec 2022 02:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22359

Actions (login required)

View Item View Item