TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM PROMOSI DAN POTONGAN HARGA DALAM PEMBELIAN MELALUI APLIKASI MCDONALD (Studi di Store McDonald Kemiling Bandar Lampung)

Qatrunnada, Nazhif (2022) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TERHADAP SISTEM PROMOSI DAN POTONGAN HARGA DALAM PEMBELIAN MELALUI APLIKASI MCDONALD (Studi di Store McDonald Kemiling Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Qatrunnada Nazhifa.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Jual beli merupakan kegiatan bermuamalah yang dilakukan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Jual beli barang tanpa bertemu disebut dengan sitem jual beli online, dalam penerapan sistem jual beli online harus ada aplikasi pembelian untuk mendukung sitem pembelian online. Promo adalah salah satu yang sering ditawarkan oleh penjual kepada pembeli. Banyak penjualan diadakan promosi dan potongan harga melalui aplikasi saja. Dalam hal ini terjadi permasalahan perbedaan harga dalam satu pembelian yang terjadi antara pembelian menggunakan aplikasi dengan pembelian secara langsung, padahal pembelian tersebut sama-sama dilakukan di store Mcdonalds Kemiling. Rumusan masalah yang ada dalam penelitian ini adalah Bagaimana Sistem Promosi dan Potongan Harga Dalam Pembelian Melalui Aplikasi McDonald di Store McDonalds Kemiling dan Bagaimana Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah Terhadap Sistem Promosi dan Potongan Harga Dalam Pembelian Melalui Aplikasi McDonalds di Store McDonalds Kemiling. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Subjek dalam penelitain ini adalah perusahaan McDonalds , sedangkan objek penelitainnya adalah fiqh muamalah dalam akad promosi dan potongan harga terhadap pembelian menggunakan aplikasi. Sumber data primer diperoleh dari hasil wawancara dengan pihak responden dan data sekunder dengan dokumentasi dan teori-terori dari perpustakaan. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan jual beli di Perusahaan Mcdonalds sudah adil dikarenakan keuntungan yang diperoleh oleh pihak McDonalds sama apabila konsumen membeli melalui sistem promosi dan potongan harga dalam pembelian menggunakan aplikasi McDonalds maupun secara langsung, dengan sistem promosi dan potongan harga melalui aplikasi tersebut produk McDonalds yang kurang diminati dapat terjual semua. Dan juga sistem promosi dan potongan harga dalam pembelian menggunakan iii aplikasi ini sudah sesuai dengan rukun dan syarat jual beli dalam Islam. Dimana pelaku dari transaksi jual beli ialah pihak peusahaan dan konsumen yang dilakukan dengan ridha dan sukarela tanpa adanya paksaan, barang yang diperjualbelikan juga jelas dan halal, harga barang yang dijual diketahui oleh pihak konsumen. Sedangkan tinjauan fiqh muamalah dalam promosi dan potongan harga dalam pembelian menggunakan aplikasi Mcdonalds sudah sepenuhnya sesuai dengan syarat-syarat jual beli dikarenakan sistem jual beli ini tidak mengandung unsur yang dilarang oleh agama. Kata Kunci : Fiqh Muamalah, Promosi dan Potongan Harga

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:50
Last Modified: 27 Dec 2022 03:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22355

Actions (login required)

View Item View Item