PROBLEM ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN II KELURAHAN BANDAR JAYA BARAT KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH

CAHYA, SARA DILA DI METRY (2022) PROBLEM ORANG TUA DALAM MEMBIMBING ANAK BELAJAR PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI LINGKUNGAN II KELURAHAN BANDAR JAYA BARAT KECAMATAN TERBANGGI BESAR KABUPATEN LAMPUNG TENGAH. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Cahya Sara Dila Di Metry.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Orangtua merupakan tiang pendidikan bagi setiap anak yang ada di dunia, meskipun demikian kegiatan orang tua terutama ibu memiliki segudang ilmu, kasih sayang untuk seorang anak. Tetapi dalam hal lain terutama pada saat pandemi covid-19 ini muncul di sekita kita orang tua memiliki problem yaitu dalam hal keterbatasan waktu, ekonomi, bahkan pendidikan yang menjadi permasalahan seluruh orang tua. Tanpa dipungkiri keterbatasan ini tidak hanya mempengaruhi kegiatan anak-anak saja, tetapi kegiatan orang tua bahkan psikisnya. Tujuan penelitian ini adalah (1) Apa problem orang tua dalam membimbing anak belajar pada masa pandemi Covid-19 Lingkungan II Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. (2) Solusi orang tua dalam membimbing anak belajar pada masa pandemi Covid-19 Lingkungan II Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar Kabupaten Lampung Tengah. Populasi penelitian ini berjumlah 14 kepala keluarga terdiri dari 7 orang tua (ibu) dan 7 anak-anak yang dijadikan sampel untuk penelitian. Metode dan teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis data deksriptif kualitatif. Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: problem orang tua pada anak dalam pembelajaran daring. Setiap orang tua memiliki latar belakang yang berbeda setiap kepala, sehingga prosedur hasil yang ditampilkan pasti akan berbeda juga. Mulai dari orang tua yang sibuk bekerja dengan kurun waktu yang panjang, jarang ada di rumah. Anak pada saat ada tugas dari guru lebih sering bermain game di hp ketimbang fokus dalam pembelajaran. Biaya keseharian dan biaya bahan pangan semakin naik tetapi gaji setiap orang tua dapatkan tetap dengan hasil yang sama. Dalam menumbuhkan semangat orang tua bisa membuat jadwal yang sistemastis dan adil dalam setiap kegiatannya, mulai dari membagi waktu untuk anak pada saat mengejakan tugas, memberikan motivasi untuk anak, memahami keinginan dan kebutuhan anak, serta menjaga silahturahmi dengan guru yang ada di sekolah. Oleh karena itu, semua harus bisa dipahami oleh orang iii tua, bisa juga dengan anak-anak, guru (wali kelas) agar anak bisa belajar dengan sungguh-sungguh. Kata Kunci: Problem Orang Tua, Belajar, Covid-19.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2022 03:42
Last Modified: 03 Jan 2023 03:18
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22354

Actions (login required)

View Item View Item