ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP MANAJEMEN PELAYANAN PERNIKAHAN DI KUA KECAMATAN BALIK BUKIT LAMPUNG BARAT

FAIZAL, ZAEN (2022) ANALISIS DAMPAK COVID-19 TERHADAP MANAJEMEN PELAYANAN PERNIKAHAN DI KUA KECAMATAN BALIK BUKIT LAMPUNG BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FAIZAL ZAEN.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Pelayanan merupakan proses kegiatan dalam rangka memenuhi kebutuhan masyarakat dengan hak-hak dasar dan hak pemberian dalam bentuk jasa dan layanan. Manajemen adalah sebuah hal penting untuk sebuah lembaga maupun organisasi, salah satu yang memerlukan manejemen adalah pelayanan pernikahan yang dilakukan di KUA Kecamatan Balik Bukit Lampung Barat. Covid-19 merupakan wabah yang muncul pada awal tahun 2020 di Indonesia khususnya di Kabupaten Lampung Barat. Wabah Covid-19 sangat berpengaruh kepada kejiwaaan masyarakat seperti adanya perasaan takut bahkan cemas, kemudian ditambah dengan adanya beberapa anjuran dan ketentuan pemerintah membuat keleluasaan aktivitas masyarakat tertanggu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak Covid-19 terhadap manajemen pelayanan pernikahan di KUA Kec. Balik Bukit Lampung Barat. Metode pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif yaitu melakukan pendekatan investigasi, peneliti mengumpulkan data dengan cara bertatap muka secara langsung dan berinteraksi dengan orang-orang di tempat penelitian. Penelitian ini adalah penelitian berjenis lapangan (field research) yaitu suatu penelitian yang langsung dilakukan dilapangan atau pada responden. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa penerapan fungsi manajemen dalam pelayanan nikah melakukan satu persatu fungsi manajemen mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Dimana dalam perencanaan KUA menyusun beberapa rencana dan tujuan guna memudahkan pelayanan yang nanti di berikan. Sedangkan dalam pengorganisasian KUA membuat struktur kepengurusan agar para petugas mengetahui tugasnya dan pengelompokan berkas-berkas. Kemudian dalam pelaksanaan adanya perbedaan dari sebelum adanya pandemi Covid-19 seperti pendaftaran online, pembatasan kerumunan atau jumlah orang yang dapat hadir baik di masjid ataupun ditempat calon pengantin. Dan dalam pengawasan di KUA Kecamatan Balik Bukit melakukan pengawasan secara langsung agar mudah melihat kekurangan sehingga akan lebih mudah untuk dapat mengevaluasi kinerja sehingga kedepannya dapat lebih baik lagi. Manajemen pelayanan pernikahan pada masa pandemi Covid-19 di Kantor Urusan Agama Kecamatan Balik Bukit Kabupaten Lampung Barat sudah berjalan dengan baik. Kata Kunci: Manajemen Pelayanan, Pernikahan, Covid-19 iii ABSTRACT Service is a process of activity in order to meet the needs of the community with basic rights and the right to provide in the form of services and services. Management is an important thing for an institution or organization, one of which requires management is the marriage service which is carried out at the KUA Districts Balik Bukit, West Lampung. Covid-19 is an outbreak that emerged in early 2020 in Indonesia, especially in West Lampung Regency. The Covid�19 outbreak has greatly affected the psyche of the community, such as feelings of fear and even anxiety, then coupled with several government recommendations and provisions, the freedom of community activities was disrupted. The purpose of this study was to determine the impact of Covid-19 on the management of marriage services at the KUA Districts Behind the Hill of West Lampung. The method in this study uses descriptive qualitative methods, namely carrying out an investigative approach, researchers collect data by meeting face to face and interacting with people at the research site. This research is a type of field research (field research), which is a research that is directly carried out in the field or on the respondent. Based on the results of research and discussion, it can be concluded that the application of management functions in marriage services performs management functions one by one starting from planning, organizing, implementing and supervising. Where in the planning of the KUA composes several plans and objectives to facilitate the services that will be provided later. Meanwhile, in organizing the KUA, it makes a management structure so that the officers know their duties and the grouping of files. Then in the implementation there are differences from before the Covid-19 pandemic such as online registration, crowd restrictions or the number of people who can attend either at the mosque or at the place of the bride and groom. And in supervision at the KUA, Balik Bukit District, conduct direct supervision so that it is easy to see deficiencies so that it will be easier to evaluate performance so that in the future it can be even better. The management of marriage services during the Covid�19 pandemic at the Office of Religious Affairs, Balik Bukit District, West Lampung Regency has gone well. Keywords: Service Management, Marriage, Covid-19

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Dakwah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Dec 2022 02:52
Last Modified: 27 Dec 2022 02:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22350

Actions (login required)

View Item View Item