“STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS X MAN 1 PESISIR BARAT”

Pidya, Anggraini (2022) “STRATEGI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN AL-QUR’AN HADIST DI KELAS X MAN 1 PESISIR BARAT”. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI FIDYA ANGGRAINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar terjdai hal-hal kompleks, oleh karena itu agar pembelajaran dapat berjalan dengan baik, efektif, dan efisien serta dapat mencapai tujuan yang sesuai dengan yang diharapkan maka diperlukan adanya strategi pembelajaran yang baik. Dalam pendidikan, Al-Qur‟an Hadits merupakan salah satu mata pelajaran Agama yang menjadi sumber hukum utama dalam Agama Islam. Maka penting bagi siswa untuk dapat menguasai mata pelajaran ini dengan semakasimal mungkin guna menciptakan generasi yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT dan berakhlak mulia. Adapun permasalahanya adalah Guru Al-Qur‟an Hadits sudah sudah cukup baik. Mulai dari persiapan yaitu pemberian motivasi oleh guru kepada siswa untuk membangkitkan semangat belajar, proses pembelajaran yang mengggunakan beberapa metode, sampai pada evaluasi akan tetapi masih ditemukannya hasil belajar siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru Al- Qur‟an Hadits dalam mennyampaikan materi pembelajran secara daring. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif lapangan, yang mengambil lokasi di MA Negeri 1 Pesisir Barat. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Dari data yang diperoleh serta terkumpul kemudian dianalisis dengan cara berfikir induktif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang bertitik tolak dari pendekatan fenomenologi. Berdasarkan deskripsi data dan penyajian data dari hasil survey dan wawancara, bahwa strategi pembelajaran yang digunakan oleh guru Al-Qur‟an Hadits dalam menyampaikan materi secara daring adalah strategi pembelajaran Ekspository Learning. Berdasarkan analisis data, dapat disimpulkan dan dipahami bahwa strategi guru Al-Qur‟an Hadits dalam menyampaikan materi pembelajaran secara daring sudah bisa dikatakan baik. Dalam pembelajaran guru menggunakan strategi ekspository learning dengan mengkombinasikan metode ceramah, tanya jawab dan pemberian tugas. Pemberian tugas diberikan guru berupa soal-soal (pekerjaan rumah) yang dikerjakan secara individual atau kelompok. Kata Kunci : Strategi Pembelajaran, Pembelajaran Daring,Mata Pelajaran Al�Qur’an Hadist

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 08:32
Last Modified: 26 Dec 2022 08:32
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22349

Actions (login required)

View Item View Item