TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KEONG SISTEM BESEKAN (Studi Kasus di Desa Rulung Helok, Natar, Lampung Selatan)

Jusmi, Awinda (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI KEONG SISTEM BESEKAN (Studi Kasus di Desa Rulung Helok, Natar, Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI WINDA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Berbisnis merupakan aktivitas yang sangat dianjurkan dalam ajaran Islam.Bahkan Rasulullah SAW sendiripun menyatakan bahwa 9 dari 10 pintu rezeki adalah melalui pintu berdagang. Desa Rulung Helok meupakan salah satu desa yang dialui oleh aliran Way Sekampung sehingga warga dapat memanfaatkan hasil tangkapan dari aliran sungai tersebut. Adapun praktek jual beli keong dengan wadah besekan di Desa Rulung Helok, Kabupaten Lampung Selatan adalah suatu bentuk jual beli dengan cara si penjual mengambil langsung keong dagangannya menggunakan wadah besek tanpa ditakar atau ditimbang terlebih dahulu. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik jual beli dengan sistem besek di Desa Rulung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan? dan bagaimana tinjauan hukum Islam terhadapa praktik jual beli keong dengan sistem besek di Desa Rulung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan?. Sedangkan tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana praktik jual beli keong dengan sistem besek di Desa Rulung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan dan untuk mengetahui tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli keong dengan sistem besek di Desa Rulung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yaitu mencari data dengan melakukan penelitian langsung di lapangan yaitu di Desa Rulung Helok, Kabupaten Lampung Selatan. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data primer yaitu sumber data yang diperoleh langsung dari para pelaku jual beli dengan wadah besek dan sumber data sekunder yaitu sumber data yang diperoleh dari catatan-catatan dan buku-buku yang terkait pada permasalahan yang penulis kaji. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi, kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah praktik jual beli dengan wadah besek di Desa Rulung Helok, Lampung Selatan iv dilakukan dengan cara penjual menjajakan keong hasil tangkapan kepada warga di dalam satu wadah besar kemudian ketika ada pembeli yang berminat maka penjual menakar keong tersebut menggunakan wadah besek dan praktik jual beli keong dengan wadah besek di Desa Rulung Helok, Kecamatan Natar, Kabupaten Lampung Selatan telah memenuhi rukun dan syarat jual beli. Cara besekan tersebut merupakan salah satu jual beli yang didasari prinsip saling percaya dan kerelaan dari kedua belah pihak, yang merupakan unsur yang dibenarkan dalam Islam berdasarkan dalil-dalil al-Qur‟an dan Hadits.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 06:37
Last Modified: 26 Dec 2022 06:37
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22340

Actions (login required)

View Item View Item