IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTS ASSYIFA KARANG SARI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN

Lina, Erniyanti (2022) IMPLEMENTASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK DI MTS ASSYIFA KARANG SARI JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LINA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi pedagogik guru adalah kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik yang meliputi pemahaman peserta didik, perancangan dan pelaksanaan pembelajaran, evaluasi hasil belajar dan pengembangan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang dimilikinya. Mutu pembelajaran merupakan suatu kemampuan sumber daya sekolah dalam mentransformasikan berbagai jenis masukan dan sutuasi untuk mencapai tujuan sekolah secara efektif dan efisien. Guru mata pelajaran Akidah Akhlak pada MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan memiliki kompetensi pedagogik guru, namun kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak pada MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan tersebut kurang berdampak positif terhadap pembelajaran guna meningkatan hasil belajar, sehingga rumusan masalah yang peneliti diajukan adalah “Bagaimana Implementasi Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Akidah Akhlak di MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan”. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan kompetensi pedagogik guru Akidah Akhlak dalam peningkatan hasil belajar di MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung. Metode penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif yaitu analisis data yang menekankan pada makna, penalaran, definisi suatu situasi tertentu (dalam konteks tertentu) serta menggambarkan apa adanya terkait perilaku objek yang sedang peneliti teliti. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Kesimpulan penelitian yaitu Kompetensi Pedagogik Guru Akidah Akhlak dalam peningkatan hasil belajar pada MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan tepatnya pada bulan Februari 2022 hingga Juni 2022, memiliki kemampuan pemahaman dan penyampaian materi oleh pendidik mata pelajaran Akidah Akhlak, mampu merancang pembelajaran dikelas, mampu menggunakan metode mengajar, mampu melaksanakan pembelajaran interaktif, serta mampu mengevaluasi hasil belajar dan memberikan penilaian. Setiap pelajaran membutuhkan kerjasama antara pendidik dan peserta didiknya agar mampu bersama-sama dalam mencapai tujuan pembelajaran. Hal ini menjadi salah satu cara dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian yang dilakukan di MTs Assyiifa Karang Sari Jati Agung Lampung Selatan berlangsung dengan baik. Pendidik merencanakan pembelajaran dengan matang, proses pelaksanaan pembelajaran berlangsung kondusif menggunakan media, model dan metode pembelajaran serta evaluasi yang meliputi penilaian kognitif, afektif juga psikomotorik rata-rata mencapai tujuan pembelajaran. Kata kunci : Kompetensi Pedagogik Guru, Meningkatkan Hasil Belajar iii ABSTRAK Teacher pedagogik competence is the ability to manage student learning which includes student understanding, learning design and implementation, evaluation of learning outcomes and stundet development to actualize their various potentials. Quality of learning is the ability of school resources in transforming various types inputs and sutuation to achieves school goals effectively and efficiently. The Akidah Akhlak teacher at MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung South Lampung has the pedagogical competence of teachers, but the pedagogical competence of the Akidah Akhlak teacher at MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung South Lampung has less positive impact on learning in order to improve learning outcomes, so the research problem formulation The proposed method is "How to Implement Teacher Pedagogic Competence in Improving Akhlak Akidah Learning Outcomes at MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung, South Lampung". The purpose of the study was to determine and describe the pedagogic competence of Akidah Akhlak teachers in improving learning outcomes at MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung. The research method used is descriptive qualitative analysis, namely data analysis that emphasizes the meaning, reasoning, definition of a certain situation (in a certain context) and describes what is related to the behavior of the object being researched. Data collection tools used are observation, interviews and documentation. The conclusion of the study is that the Pedagogical Competence of Akidah Akhlak Teachers in improving learning outcomes at MTs Assyifa Karang Sari Jati Agung South Lampung precisely from February 2022 to June 2022, has the ability to understand and deliver material by subject educators of Akidah Akhlak, is able to design learning in class, is able to use teaching methods, able to carry out interactive learning, and able to evaluate learning outcomes and provide assessments. Each lesson requires collaboration between educators and students to be able to work together in achieving learning goals. This is one way to improve student learning outcomes. The results of the research conducted at MTs Assyiifa Karang Sari Jati Agung South Lampung went well. Educators plan learning carefully, the learning implementation process takes place conducive to using media, learning models and methods and evaluations that include cognitive, affective and psychomotor assessments on average achieving learning objectives. Keywords: Teacher Pedagogic Competence, Improving Learning Outcomes

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 04:02
Last Modified: 26 Dec 2022 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22336

Actions (login required)

View Item View Item