LITERASI DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF MENANAMKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM

Eka, Putri Prasasti (2022) LITERASI DIGITAL SEBAGAI ALTERNATIF MENANAMKAN KARAKTER DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Eka Putri Prasasti 1811010138 Fix Cetak.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Media digital saat ini digunakan untuk memudahkan penggunanya bertukar informasi dan berkomunikasi. Banyak platform dalam media digital yang digunakan sebagai sumber informasi. Perkembangan peralatan digital dan akses informasi memunculkan peluang sekaligus tantangan. Perkembangan internet dan kemudahan mengakses cyberworld, terdapat berbagai konten negatif, misal konten yang berisi berita bohong, ujaran kebencian, bahkan praktik�praktik penipuan. Untuk mengurangi hal-hal yang membuat merosotnya karakter, literasi digital hadir sebagai solusi. Pendidikan Agama Islam dalam pembelajaran religiusnya akan memanfaatkan dunia digital sebagai alternatif untuk menanamkan karakter bagi peserta didik. Tujuan dari penelitian ini ialah menganalisa literasi digital alternatif untuk menanamkan karakter dalam perspektif pendidikan Islam. Penelitian ini menggunakan penelitian yang datanya bersifat kualitatif. Jenis penelitiannya ialah studi kepustakaan library research. Sumber-sumber penelitian yang ada, didukung oleh beberapa sumber primer dan sekunder. Sedangkan untuk teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode analisis deskriptif dan analisis konten. Hasil penelitian ini berdasarkan penelitian dengan mengkaji berbagai sumber literatur dan ayat-ayat Al-Quran menunjukkan literasi digital sebagai alternatif menanamkan karakter dalam perspektif pendidikan Islam, maka penulis menyimpulkan bahwa konsep literasi digital sebagai alternatif menanamkan karakter dalam perspektif pendidikan Islam adalah upaya untuk memanfaatkan sebaik mungkin budaya dan etika bermedia digital sehingga diperoleh kepribadian yang baik (tidak menyimpang) serta sesuai dengan nilai dan norma ajaran Islam. Dalam proses pembelajarannya komponen pendidikan Islam yang dapat menjadikan literasi digital sebagai alternatif menanamkan karakter ialah kurikulum pendidikan, media pembelajaran, pendidik, dan peserta didik. Komponen tersebut bersinergi menjadikan literasi digital sebagai alternatif menanamkan karakter kepada peserta didik. Kata kunci : literasi digital, karakter, pendidikan Islam iii ABSTRACT Digital media is currently a medium used to make it easier for users to exchange information and communication. Many platforms of digital media are used as a source of information. The development of digital equipment and access to information in digital form creates opportunities as well as challenges. The development of the internet and the ease of accessing the cyberworld, there is a variety of negatif contents, for example content of hoax, hate speech, and even fraudulent practices. To reduce the things that make the nation‟s character decline, digital literacy is here as a solution. Islamic religious education in religious learning will utilize the digital world as an alternative to character education for students. The purpose of this study is to analyze digital literacy as an alternative to instilling character in the perspective od Islamic education. This study uses research with qualitative data. The type of research is library research. Existing research sources supported by several primary and secondary sources. While the analytical techniques used in this research are descriptive analysis methods and content analysis. The results of this study are based on research by examining literary sources and verses of the Al-Quran showing digital literacy as an alternative to character education in the perspective of Islamic education, the author conclude that the concept of digital literacy as an alternative to character education in the perspective of Islamic education is an effort to make the best use of it. Maybe digital technology that develops in order to seek the ability to understand, use, analyze digital media wisely so that a good personality is obtained (not deviant) and in accordance with the values and norms of Islamic teachings. In the learning process, the components of Islamic education that can make digital literacy an alternative to instilling character are the educational curriculum, media of learning, educators, and students. These components work together to make digital literacy as an alternative to instilling character to students. Keywords : digital literacy, character, Islamic education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Dec 2022 03:39
Last Modified: 26 Dec 2022 03:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22335

Actions (login required)

View Item View Item