Nurul, Afifah (2022) UPAYA PEMBELAJARAN SEX EDUCATION MELALUI MEDIA GAMBAR DI TK AL-ULHAQ SUKABUMI BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (9MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui upaya pendidik dalam pembelajaran pendidikan seks (sex education) melalui media gambar di TK Al-Ulhaq Sukabumi, Bandar Lampung. Penelitian ini berawal dari permasalahan hasil observasi & pengamatan pra-penelitian menemukan peserta didik disana, yang bertolak belakang dengan pembelajarana pendidikan seks (sex education) yang telah diberikan oleh pendidik, hal ini dilihat dari tingkahlaku tidak baik terhadap teman sesama jenis maupun lawan jenisnya. Sehingga pada saat itu peneliti mendekati peserta didik tersebut, dan menasehatinya bahwa yang ia lakukan itu tidak sopan. Namun tindakan yang dilakukan peneliti, tidak mengubah tingkahlaku peserta didik tersebut. Peneliti berasumsi bahwa upaya pendidik dalam menanamkan pendidikan seks (sex education) belum baik atau ada faktor lainnya yang mempengaruhi peserta didik tersebut. Peneliti ini menggunakan metode penelitian kualitatif denga pendekatan deskritif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini merupakan wali kelas dan anak usia 5-6 tahun di kelas kelompok B2 yang berjumlah 19 peserta didik. Berdassarkan hasil penelitian pendidik sudah berupaya dalam menanamkan pembelajaran pendidikan seks (sex education) melalui media gambar, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian (RPPH) pendidikan seks (sex education) melalui media gambar, pendidik mengatur dan menyiapkan media yang akan digunakan, pendidik memperhatikan posisi duduk peserta didik dalam keadaan nyaman, pendidik mengajak peserta didik untuk mengamati media gambar dan menjelaskan tujuan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran pendidikan seks (sex education) melalui media gambar, pendidik mengevaluasi pembelajaran pendidikan seks (sex education) dan upaya pendidik dalam pembelajaran pendidikan seks (sex education). Peserta didik di TK Al-Ulhaq Sukabumi, Bandar Lampung di kelas kelompok B2. Mengetahui dan mengenali identitas diri laki-laki dan perempuan (peserta didik dapat menyebutkan identitas diri laki-laki dan perempuan, peserta didik dapat mengenali ciri-ciri perempuan dan laki-laki, peserta didik dapat mengetahui pakaian yang digunakan anak laki-laki dan perempuan), Pengetahuan tentang alat kelamin (peserta didik dapat menyebutkan nama alat kelamin diri sendiri, peserta didik dapat menyebutkan dungsi alat kelamin, peserta didik dapat membersihkan alat kelamin denang baik dan tepat), pengetahuan pecegahan tindakan pelecehan seksual(peserta didik dapat mengetahui sentuhan secara baik dan wajar, peserta didik dapat iv mengetahui sentuhan baik dan wajar, serta peserta didik dapat mengetahuisentuhan tidak boleh). Dalam hal pendidikan seks (sex education), selalu dianggap tidak penting untuk diajarkan kepada anak usia dini, hal ini belum dilakukan oleh pendidik atau pengelolah TK Al-Ulhaq dalam kegiatan parenting untuk membuat sosialisai bagi orang tua pentingnya pendidikan seks (sex education) diberikan kepada peserta didik. Kata Kunci: Upaya pendidik, Sex education, Dan Media Gambar v ABSTRACT This study aims to determine the efforts of educators in learning sex education through image media at Al-Ulhaq Kindergarten Sukabumi, Bandar Lampung. This research started from the problem of the results of observations & pre-research observations finding students there, which is contrary to the sex education lessons that have been given by educators, this is seen from bad behavior towards friends of the same sex and the opposite sex. So at that time the researcher approached the student, and advised him that what he was doing was not polite. However, the actions taken by the researcher did not change the behavior of these students. Researchers assume that the efforts of educators in instilling sex education have not been good or there are other factors that affect these students. This researcher uses qualitative research methods with a qualitative descriptive approach. The subjects in this study were homeroom teachers and children aged 5-6 years in class group B2, totaling 19 students. Based on the research results, educators have tried to instill sex education learning through image media, Daily Learning Implementation Plan (DLIP) sex education through image media, educators arrange and prepare media to be used, educators pay attention to the sitting position of participants students are comfortable, educators invite students to observe image media and explain learning objectives, implementation of sex education learning through image media, educators evaluate sex education learning and educators' efforts in sex education learning. Students at Al-Ulhaq Kindergarten Sukabumi, Bandar Lampung in class group B2. Knowing and recognizing the identity of men and women (students can mention the identity of men and women, students can recognize the characteristics of women and men, students can know the clothes used by boys and girls) Knowledge of the genitals (students can name their own genitals, students can mention the function of the genitals, students can clean the genitals properly and appropriately), knowledge of preventing acts of sexual harassment (students can know touch properly and accurately). reasonable, students can know the touch is good and reasonable, and students can know touch should not). In terms of sex education (sex education), it is always considered unimportant to be taught to early childhood, this has not been done by educators or managers of Al-Ulhaq Kindergarten in parenting vi activities to make socialization for parents the importance of sex education (sex education) given to children. learners. Keywords: Efforts of educators, Sex education, and Image Media
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 07:25 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 07:25 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22325 |
Actions (login required)
View Item |