PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG

Salmah, Pitri Asih (2022) PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU PAI TERHADAP AKHLAK PESERTA DIDIK DI SMK PGRI 4 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Salmah Pitri Asih.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Guru merupakan sosok yang memelihara kejiwaan peserta didiknya, mendidik akhlak dan meluruskannya, karena guru bukan saja sekedar mengajar atau menyampaikan ilmu tetapi sebagai teladan atau contoh langsung dalam proses pembelajaran dan aktivitas sosial dalam lingkup pendidikan maupun masyarakat. Guru adalah sebagai panutan yang harus digugu dan ditiru dan sebagai contoh bagi kehidupan dan pribadi peserta didiknya. Maka para pendidik dituntut agar memiliki kompetensi dalam dirinya untuk mengajarkan dan membimbing akhlak peserta didik. Salah satu dari faktor yang mempengaruhi akhlak adalah kepribadian. Oleh karena itu, kompetensi yang penting dan harus dimiliki guru atau pendidik terutama guru pendidikan agama Islam dalam pembinaan akhlak peserta didik adalah kompetensi kepribadian. Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik yang menunjukkan indikasi akhlak yang buruk, sedangkan kompetensi kepribadian guru sudah menunjukkan indikasi yang baik dimana guru PAI sudah melakukan hal-hal yang terkait dalam indikator kompetensi kepribadian guru. Akan tetapi, terpenuhinya indikator kompetensi kepribadian guru PAI ini tidak sebanding dengan akhlak peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah kompetensi kepribadian guru pai berpengaruh signifikan terhadap akhlak peserta didik di SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Kompetensi kepribadian guru pai disini dibatasi sebagai variabel x atau variabel yang mempengaruhi, sedangkan akhlak peserta didik dibatasi sebagai variabel y atau variabel yang dipengaruhi. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitiannya adalah penelitian korelasi. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah sebanyak 57 peserta didik kelas XI SMK PGRI 4 Bandar Lampung. Penelitian dilakukan dengan cara menyebar dua buah angket yang masing�masing terdiri dari 25 pertanyaan variabel x yaitu kompetensi kepribadian guru pai dan 25 pertanyaan variabel y yaitu akhlak peserta didik. Uji kelayakan angket menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Selanjutnya, pengujian hipotesis penelitian dihitung dengan menggunakan rumus korelasi Pearson Product Moment, menghitung uji signifikansi korelasi, dan menghitung koefisien determinasi. iv Semua bentuk perhitungan menggunakan bantuan program SPSS versi 22. Berdasarkan analisis statistik yang telah dilakukan, diperoleh hasil dimana H0 ditolak dan Ha diterima dengan hasil perhitungan bahwa r hitung sebesar 0,341 > r tabel sebesar 0,256 sehingga menunjukkan adanya pengaruh dari variabel x terhadap variabel y. Selain itu, nilai uji signifikansi korelasi menunjukkan bahwa t hitung > t tabel dan nilai koefisien determinasi nya adalah sebesar 11,6%. Hal ini membuktikan bahwa variabel x berpengaruh signifikan terhadap variabel y sebesar 11,6%, sedangkan 88,4% lainnya dipengaruhi oleh variabel lain. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kompetensi kepribadian guru pai berpengaruh signifikan terhadap akhlak peserta didik di SMK PGRI 4 Bandar Lampung, sehingga hipotesis penelitian H0 ditolak dan Ha diterima. Kata kunci : Kompetensi Kepribadian Guru, Pendidikan Agama Islam, Akhlak Peserta Didik v ABSTRACT The teacher is a figure who maintains the psyche of his students, educates morals and straightens it, because the teacher is not only teaching or conveying knowledge but as an example or direct example in the learning process and social activities within the scope of education and society. The teacher is a role model that must be nurtured and imitated and as an example for the lives and personal lives of students. So educators are required to have competence in themselves to teach and guide the morals of students. One of the factors that influence morality is personality. Therefore, an important competency that must be possessed by teachers or educators, especially Islamic religious education teachers in fostering the morals of students is personality competence. This research is motivated by students who show indications of bad morals, while the personality competencies of teachers have shown good indications where PAI teachers have done things related to the indicators of teacher personality competencies. However, the fulfillment of the indicators of personality competence of PAI teachers is not comparable to the morals of students. The purpose of this study was to determine whether the teacher's personality competence had a significant effect on the morals of students at SMK PGRI 4 Bandar Lampung. The personality competence of the pie teacher here is limited as variable x or the variable that influences, while the morals of the students are limited as variable y or the variable that is influenced. This research method uses a quantitative research approach with the type of research being correlation research. The sample used in this study were 57 students of class XI SMK PGRI 4 Bandar Lampung. The research was conducted by distributing two questionnaires, each of which consisted of 25 questions for the x variable, namely the personality competence of the pie teacher and 25 questions for the y variable, namely the morals of the students. The questionnaire feasibility test used validity and reliability tests. Furthermore, the research hypothesis testing is calculated using the Pearson Product Moment correlation formula, calculating the correlation significance test, and calculating the coefficient of determination. All forms of calculations use the help of the SPSS version 22 program. vi Based on the statistical analysis that has been carried out, the results obtained where H0 is rejected and Ha is accepted with the calculation that r count is 0.341 > r table is 0.256, indicating the influence of variable x on variable y. In addition, the correlation significance test value shows that t count > t table and the value of the coefficient of determination is 11.6%. This proves that variable x has a significant effect on variable y by 11.6%, while the other 88.4% is influenced by other variables. Thus, it can be concluded that the personality competence of the pie teacher has a significant effect on the morals of students at SMK PGRI 4 Bandar Lampung, so the research hypothesis H0 is rejected and Ha is accepted. Keywords : Teacher Personality Competence, Islamic Education, Student Morals

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:55
Last Modified: 23 Dec 2022 06:55
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22320

Actions (login required)

View Item View Item