PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PRILAKU BULLYING DI SMPN 12 BANDAR LAMPUNG

Muhamad, Reza Satria (2022) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGATASI PRILAKU BULLYING DI SMPN 12 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MUHAMAD REZA SATRIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Permasalahan yang paling banyak dijumpai di sekolah ialah perilaku bullying antar siswa. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi yang ditemukan oleh peneliti bahwa adanya kasus bullying di SMPN 12 Bandar Lampung, faktor terjadinya bullying di sekolah ini biasanya ditandai dengan aksi mengolok-olok sesama teman yang menyebabkan korban menjadi tertekan hingga enggan untuk melanjutkan sekolah. Guru Pendidikan Agama Islam sendiri memiliki peran yang sangat besar dalam perkembangan tingkah laku peserta didik untuk mencapai tujuan yang diharapkan sesuai dengan tanggung jawab yang diberikan yakni untuk memperbaiki akhlak. Dampak yang ditimbulkan oleh korban ini tidak dapat dipandang biasa, oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian dalam meneliti peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di SMPN 12 Bandar Lampung. Tujuan dari penelitian ini dilaksanakan ialah untuk mengetahui bahgaimana peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di SMPN 12 Bandar Lampung. Jenis dan sifat penelitian ini adalah kualitatif deskritif. Jenis penelitian ini mengambil latar belakamg SMPN12 Bandar Lampung. Subjek penelitian ini menggunakan peran guru Pendidikan Agama Islam dan objek penelitian ialah perilaku bullying. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data dengan menggnakan wawancara, dokumentasi dan observasi. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan menghasilkan analisis bahwa 1) guru Pendidikan Agama Islam memiliki perannya secara khusus untuk menciptakan suasana religius serta mengubah karakter siswa menjadi lebih baik. Hal ini dilakukan guru Pendidikan Agama Islam yakni dengan memberikan ilmu pengetahuan Agama mengenai materi toleransi, empati, serta sikap saling menghargai dalam mengatasi perilaku bullying. 2) bentuk keimanan yang ditanamkan guru Pendidikan Agama Islam ialah berupa pelaksanaan shalat dhuha berjamaah. 3) guru pendidikan Agama Islam selalu memberikan dorongan yang membangun anak agar mereka taat menjalankan ajaran Agama sesuai dengan perintah Allah swt. sehingga mereka dapat menjauhkan perilaku bullying. 4) mendidik anak agar berbudi pekerti mulia dilakukan guru dengan memberikan contoh dari diri guru sendiri karena mereka sebagai roll model bagi siswanya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa, terdapat empat peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi prilaku bullying, yakni 1) Peran yang dilakukan guru PAI dalam mengatasi perilaku bullying ialah dengan memberikan pengajaran materi akidah akhlak mengenai toleransi, empati,sikap saling menghargai, serta masih banyak materi lainnya yang mengajarkan mengenai akhlak. 2). Peran ini dilakukan guru PAI yakni dengan memberikan pemahaman untuk selalu mengimani keenam rukun iman. Salah satu upaya yang dilakukan ialah dengan menanamkan keimanan dalam menjalankan ibadah shalat. 3). Peran guru dalam mendidik anak agar taat menajalankan ajaran agama yakni dilakukan guru dengan memberikan pembiasaan melaksanakan ibadah shalat secara berjamaah, melakukan tadarus sebelum memulai pembelajaran, serta memberikan kertas kendali sebagai bentuk pekerjaan rumah untuk mengontrol anak agar selalu taat menjalankan shalat. 4) Dalam upayanya guru PAI melakukan pemahaman sebagaimana dalam pembelajaran akidah akhlak mengenai sikap saling menghargai satu sama lain. Berdasarkan hasil penelitan didapatkan kesimpulan bahwa adanya peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengatasi perilaku bullying di SMPN 12 Bandar Lampung. Kata kunci: Peran Guru, Pendidikan Agama Islam, Bullying. iv ABSTRACT The most common problem found in schools is bullying behavior among students. Based on the results of interviews and observations found by researchers that there were cases of bullying at SMPN 12 Bandar Lampung, the factors that led to bullying at this school were usually marked by the act of making fun of fellow friends which caused the victim to become depressed so that he was reluctant to continue school. Islamic Religious Education Teachers themselves have a very large role in the development of student behavior to achieve the expected goals in accordance with the responsibilities given, namely to improve morals. The impact caused by this victim cannot be taken for granted, therefore researchers are interested in conducting research to examine the role of Islamic Religious Education teachers in overcoming bullying behavior at SMPN 12 Bandar Lampung. The purpose of this research was to find out the role of the Islamic Religious Education teacher in overcoming bullying behavior at SMPN 12 Bandar Lampung. The type and nature of this research is descriptive qualitative. This type of research takes the background of SMPN 12 Bandar Lampung. The subject of this study uses the role of the Islamic Religious Education teacher and the object of research is bullying behavior. This study uses data collection techniques by using interviews, documentation and observation. Based on the data that has been collected, it produces an analysis that 1) Islamic Religious Education teachers have a special role in creating a religious atmosphere and changing students' character for the better. This is done by Islamic Religious Education teachers by providing religious knowledge regarding tolerance, empathy, and mutual respect in overcoming bullying behavior. 2) the form of faith that is instilled by Islamic Religious Education teachers is in the form of performing Dhuha prayers in congregation. 3) Islamic religious education teachers always provide encouragement that builds up children so that they obey religious teachings in accordance with Allah's commands. so they can keep bullying behavior away. 4) educating children to have noble character is carried out by the teacher by providing an example from the teacher himself because they are a roll model for their students. The results of this study indicate that, there are four roles of Islamic Religious Education teachers in overcoming bullying behavior, namely 1) The role played by PAI teachers in overcoming bullying behavior is by providing teaching material on moral principles regarding tolerance, empathy, mutual respect, and there is still a lot of material others who teach about morals. 2). This role is carried out by the PAI teacher, namely by providing an understanding to always have faith in the six pillars of faith. One of the efforts made is to instill faith in praying. 3). The role of the teacher in educating children to be obedient in carrying out religious teachings is carried out by the teacher by providing the habit of praying in congregation, doing tadarus before starting learning, and giving control papers as a form of homework to control children so that they always obey prayer. 4) In their efforts, PAI teachers carry out understanding as in learning the moral creed regarding mutual respect for one another. Based on the results of the research, it was concluded that there was a role for the Islamic Religious Education teacher in overcoming bullying behavior at SMPN 12 Bandar Lampung. Keywords: The Role of the Teacher, Islamic Religious Education, Bullying.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2022 04:02
Last Modified: 23 Dec 2022 04:02
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22316

Actions (login required)

View Item View Item