ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PENUTUPAN TEMPAT HIBURAN SELAMA BULAN RAMADHAN (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung)

Yoga, Guntur Sugiarto (2022) ANALISIS FIQH SIYASAH TERHADAP PELAKSANAAN PENUTUPAN TEMPAT HIBURAN SELAMA BULAN RAMADHAN (Studi Pada Satuan Polisi Pamong Praja Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2 dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of skripsi FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Bulan Ramadhan yang penuh kebaikan karna banyak ibadah yang menjadi ajang berlomba–lomba untuk berbuat baik kepada sesama dan juga menjadi ajang saling memaafkan sesama manusia. Umat muslim seharusnya difokuskan dengan kegiatan ibadah selama bulan ramadhan dengan meninggalkan segala kegiatan yang bersifat mudharat atau sia–sia seperti berpergian ketempat hiburan atau melakukan kegiatan yang dapat menimbulkan hal–hal negatif atau menimbulkan maksiat. Penertiban tempat-tempat hiburan selama bulan ramadhan telah diatur di dalam Pasal 50 ayat 6 Peraturan Daerah Kota Bandar Lampung Nomor 1 tahun 2018 Tentang Ketentraman Masyarakat dan Ketertiban Umum, untuk itu menarik kiranya dikaji permasalahan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi pasal 50 ayat 6 PERDA Kota Bandar Lampung Nomor 1 tahun 2018 Tentang Ketentraman Dan Ketertiban Umum dalam penertiban tempat–tempat hiburan selama bulan ramadhan oleh satuan polisi pamong prajaKota Bandar Lampung dan bagaimana Analisis Fiqh Siyasah Terhadap Pasal 50 ayat 6 PERDA Kota Bandar Lampung Nomor 1 Tahun 2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode Kualitatif, dengan pendekatan masalah yuridis normatif yaitu menelaah teori-teori, konsep-konsep, asas-asas hukum serta peraturan perundang-undangan yang berhubungan dengan penelitian ini dan pendekatan empiris dilakukan melalui penelitian secara langsung terhadap objek penelitian dengan cara pengamatan (observation) dan wawancara (interview). Implementasi Pasal 50 ayat 6 PERDA Kota Bandar Lampung Nomor 1 tahun 2018 Tentang Ketentraman Masyarakat Dan iii Ketertiban Umum terkait penutupan tempat hiburan selama bulan ramadhan di Kota Bandar Lampung, saat ini dalam pelaksanaannya sudah terlaksanakan dengan baik dan sudah sebagian dari para pemilik tempat–tempat hiburan sudah mentaati peraturan yang telah dibuat pemerintah, namun minimnya sosialisasi dari pemerintah membuat sebagian para pemilik tempat hiburan tersebut tidak mentaati peraturan tersebut dikarenakan masih kurangnya kesadaran para pemilik tempat hiburan. Berdasarkan Fiqh Siyasah Dusturiyah dibidang persoalan imamah, hak dan kewajiban dan Siyasah Tanfidziyah sebagai pelaksanaan undang–undang. Bahwa sebagian dari jumlah para pemilik usaha tempat hiburan sudah mentaati peraturan yang ditetapkan oleh pemerintah namun masih belum sepenuhnya para pemilik usaha mentaati karena masih kurang kesadaran dari para pemilik usaha hiburan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2022 03:45
Last Modified: 23 Dec 2022 03:45
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22315

Actions (login required)

View Item View Item