TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN KEPALA DESA DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT LIMBAH TEMPE (Studi Kasus Desa Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu)

Asya, Karinasiwi (2022) TINJAUAN FIQH SIYASAH TERHADAP PERAN KEPALA DESA DALAM PENGENDALIAN PENCEMARAN LINGKUNGAN AKIBAT LIMBAH TEMPE (Studi Kasus Desa Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Awal - BAB II dan Daftar Pustaka.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Asya Karinasiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Tinjauan fiqh siyasah terhadap peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif, dalam hal ini mengamati masyarakat Desa Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu 1). Bagaimana peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe serta, dan 2). Bagimana tinjauan fiqh siyasah terhadap peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah tempe. Adapun tujuan penelitian ini yaitu 1). Untuk mengetahui peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe di Desa Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu, dan 2). Untuk mengetahui tinjauan fiqh siyasah terhadap peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan yang disebabkan oleh limbah tempe di Desa Banyumas Kecamatan Banyumas Kabupaten Pringsewu. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Data primer diperoleh langsung dari sumbernya mengenai peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe, sedangkan data sekunder berupa dokumen-dokumen resmi, buku-buku yang berhubungan dengan objek penelitian, hasil penelitian dalam bentuk laporan, skripsi, tesis, dan peraturan perundangan. Semua data tersebut merupakan bahan-bahan untuk mendeskripsikan tinjauan fiqh siyasah terhadap peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe. Adapun hasil penelitian menunjukan bahwa peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe yaitu sudah berjalan cukup baik karena kepala desa melakukan berupa upaya seperti membuat drainase guna untuk tempat mengalirnya limbah namun hal tersebut belum cukup untuk mengenai limba tersebut, kepala desa bersama dinas instansi terkait seperti satpol PP, Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Kesehatan, dan Perijinan juga ikut turun ke Desa Banyumas langsung, guna memberikan pemahaman kepada pelaku usaha untuk membuatkan penampungan limbah semacam pipa sehingga tidak mencemari lingkungan penduduk. Tinjauan fiqh siyasah terhadap peran kepala desa dalam pengendalian pencemaran lingkungan akibat limbah tempe yang dilakukan oleh pemerintah Kabupaten Pringsewu sesuai syariat islam, hal ini dapat diliat dengan adanya dampak negatif yang ditimbulkan dari limbah iii cair tempe terhadap masyarakat sekitar yang berada di dekat usaha pembuatan tempe, serta produsen cenderung tidak mengerti dan bertanggung jawab terhadap dampak negatif yang ditimbulkan. Kata kunci : Pencemaran lingkungan, Fiqh Siyasah,Desa Banyumas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:58
Last Modified: 23 Dec 2022 02:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22306

Actions (login required)

View Item View Item