APERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENANGANAN SAMPAH DI TEPI JALAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung)

WANDA, HAMIDAH (2022) APERAN DINAS LINGKUNGAN HIDUP KOTA BANDAR LAMPUNG DALAM PENANGANAN SAMPAH DI TEPI JALAN PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI WANDA HAMIDAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sampah adalah segala sesuatu yang tidak bisa digunakan lagi dan dibuang begitu saja. Pertambahan penduduk dan perubahan pola konsumsi masyarakat menimbulkan bertambahnya volume, jenis dan karakteristik sampah yang semakin beragam. Peningkatan pada jumlah penduduk di Kota Bandar Lampung mengakibatkan tingkat konsumsi masyarakat meningkat dan berdampak pada peningkatan jumlah sampah yang dihasilkan, dimana pengelolaan sampah di Kota Bandar Lampung masih menggunakan metode open dumping tanpa ada pengelolaan lanjutan. Pemerintah daerah mengambil alih tugas kedinasan berperan merealisasikan kebijakan dan memberi pelayanan secara langsung kemasyarakat, sebagaimana Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung bertanggungjawab melaksanakan penanganan sampah sebagai wujud realisasi amanah Peraturan Walikota (PERWALI) Nomor 50 Tahun 2021 tentang Susunan Organisasi, Tugas Dan Fungsi Serta Tata Kerja Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung. Permasalahan sampah yang tidak kunjung menemui solusi terletak pada sistem pengelolaan sampah yang tidak ditangani secara tepat. Rendahnya kualitas pengelolaan sampah di Kota Bandar Lampung sangat berpengaruh terhadap keindahan dan kenyamanan Kota dan sampah yang menumpuk di tepi jalan protokol tanpa dilakukan pengelolaan sampah terlebih dahulu, sehingga dengan kondisi yang seperti ini sangat memprihatinkan. Berdasarkan latar belakang masalah diatas, penulis dapat merumuskan masalah yaitu 1. Bagaimana peran Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dalam penanganan sampah di tepi jalan ? dan 2. Bagaimana pandangan fiqh siyasah terhadap Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dalam penanganan sampah di tepi jalan?. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dalam penanganan sampah di tepi jalan yang baik serta untuk mengetahui pandangan fiqh siyasah terhadap Dinas Lingkungan Hidup Kota Bandar Lampung dalam penanganan sampah di tepi jalan. Jenis penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif iii dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, minimnya kesadaran masyarakat untuk melaksanakan dan mematuhi peraturan tersebut, terbatasnya tempat pembuangan sampah yang mengakibatkan sampah menumpuk dan berserakan di tepi jalan protokol. Kedua, peran Dinas Lingkungan Hidup telah menjalankan tupoksinya sesuai aturan yang berlaku yaitu menyediakan tempat pembuangan sampah sementara , karena itu menurut perspektif fiqh siyasah berarti mereka telah merealisasikan nilai-nilai ajaran Islam secara siyasah syar’iyyah yang berkeadilan, memerhatikan kesejahteraan rakyatnya demi tercapainya kemaslahatan rakyat untuk memperoleh hak-hak yang harus dipenuhi oleh pemimpinnya. Kata Kunci: Peran DLH, Penanganan Sampah, dan Masyarakat

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:41
Last Modified: 23 Dec 2022 02:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22305

Actions (login required)

View Item View Item