TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK TUKAR MENUKAR BIBIT PADI BERBEDA KUALITAS (Studi di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji, OKU Selatan)

FIRMANSAH, Syaparman (2022) TINJAUAN HUKUM ISLAM TENTANG PRAKTIK TUKAR MENUKAR BIBIT PADI BERBEDA KUALITAS (Studi di Desa Sukabumi Kecamatan Tiga Dihaji, OKU Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1+2&dapus.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi full Firmansah (1821030195).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK Tukar menukar adalah suatu perjanjian tukar menukar barang atau barang dengan uang dengan jalan melepaskan hak milik dari yang satu kepada yang lain atas dasar saling merelakan sesuai dengan ketetentuan yang dibernarkan syara’ (hukum Islam). Permasalahan dalam praktik tukar menukar bibit padi berbeda kualitas di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji Oku Selatan ini adalah adanya selisih antara kedua objek yang ditukar satu sama lain, pelaksanaan tukar menukar tesebut secara tradisional yaitu berupa bentuk kalengan, tetapi berbeda kualitas dan takaran yang di tukar masih menggunakan secara serampangan tanpa ditimbang dan di takar terlebih dahulu, sehingga dapat memunculkan indikasi adanya unsur-unsur riba, karena ketidakjelasan takaran dalam transaksi tukar menukar tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana praktik tukar menukar bibit padi berbeda kualitas di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji, Oku Selatan ? dan bagaimana tinjauan hukum Islam tentang praktik tukar menukar bibit padi berbeda kualitas di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji, Oku Selatan ?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui praktik tukar menukar bibit padi berbeda kualitas di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji, Oku Selatan dan mengetahui tinjauan hukum Islam tentang praktik tukar menukar bibit padi berbeda kualitas di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji, Oku Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis untuk memaparkan dan menggambarkan keadaan serta fenomena yang berlaku saat ini dengan upaya mendeskripsikan, mencatat, menganalisa, dan menginterprestasikan mengenai praktek tukar menukar bibit padi berbeda kualitas. Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi di lokasi penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan pemeriksaan data, rekonstruksi data, dan sistematika data. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat dikemukakan, bahwa praktik tukar menukar bibit padi yang dilakukan di desa Sukabumi Kecamatan Tiga dihaji, Oku Selatan dilakukan secara tradisional yaitu berupa bentuk kalengan, tetapi objek tukarannya berbeda kualitas. Proses tukar menukar bibit padi yang dilakukan di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji, Oku Selatan ini tidak memenuhi syarat�syarat jual beli (tukar menukar) dan prinsip-prinsip bermuamalah yang telah di tetapkan didalam hukum Islam. Adanya unsur Riba (Riba Fadl) sebab terdapat selisih antara kualitas kedua objek tukar, Terdapat juga adanya unsur Gharar (ketidak jelasan dalam tukar menukarnya), yaitu dalam segi kualitas bibit padi yang berbeda dan takaranya yang ditukar menggunakan cara Serampangan, Sehingga dapat merugikan salah satu pihak dan menguntungkan pihak lainnya. Maka dengan ini hukum Tukar menukar bibit padi yang dilakukan di desa Sukabumi kecamatan Tiga Dihaji, Oku Selatan tidak di perbolehkan dalam hukum Islam. Kata kunci: Tukar Menukar, Bibit Padi, Serampangan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:46
Last Modified: 22 Dec 2022 07:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22304

Actions (login required)

View Item View Item