PENGARUH SKEPTISME, PENGALAMAN AUDITOR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP AUDIT JUDGEMENT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM

Adinda, Dwi Prasasti (2022) PENGARUH SKEPTISME, PENGALAMAN AUDITOR, DAN SELF EFFICACY TERHADAP AUDIT JUDGEMENT PADA KANTOR AKUNTAN PUBLIK DI BANDAR LAMPUNG DALAM PERSPEKTIF ISLAM. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL ADINDA DWI PRASASTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Auditor merupakan profesi yang selalu dituntut untuk melaksanakan semua tugas audit dengan standar yang telah ditentukan. Terdapat kasus kecurangan yang melibatkan KAP di Indonesia salah satunya kasus kecurangan SNP Finance dari tahun 2017-2018 yang dimana OJK menduga bahwa KAP tersebut melanggar standar audit. Dari kasus yang terjadi Kementerian Keuangan menilai, hal tersebut dapat berdampak pada berkurangnya skeptisisme profesional. Oleh karena itu, dalam penelitian ini peneliti tertarik untuk meniliti sikap skeptisme auditor, yang dimana skeptisme ini merupakan suatu sikap auditor yang mencakup pikiran yang selalu waspada terhadap kondisi yang dapat mengindikasikan kemungkinan kesalahan penyajian, baik yang disebabkan oleh kecurangan maupun kesalahan. Serta peneliti juga tertarik untuk meneliti faktor-faktor lainnya yang dapat mempengaruhi audit judgement seperti pengalaman auditor dan self efficacy pada KAP di Bandar Lampung. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan teori atribusi yaitu teori yang berhubungan dengan karakteristik serta sikap masing-masing dalam individu (auditor) saat pembuatan pertimbangan audit (audit judgement). Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah semua auditor pada KAP di Bandar Lampung yang telah terdaftar di Kementerian Keuangan Republik Indonesia. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner (angket) yang secara langsung diberikan kepada pengumpul datanya. Teknik analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) menggunakan software SmartPLS 3.2.9. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel skeptisme dan variabel pengalaman auditor tidak berpengaruh signifikan terhadap audit judgement. Sementara variabel self efficacy berpengaruh signifikan terhadap audit judgement. Sedangkan secara simultan menunjukkan bahwa variabel-variabel skeptisme, pengalaman auditor, dan self efficacay secara bersama�sama berpengaruh terhadap audit judgement. Dalam perspektif Islam pun yang dilihat secara simultan variabel independen (skeptisme, pengalaman auditor, dan self efficacay) berpengaruh terhadap variabel dependen (audit judgement). Kata kunci: Skeptisme, Pengalaman Auditor, Self Efficacy, Audit Judgement, Perspektif Islam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Konsentrasi Akuntansi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Konsentrasi Akuntansi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 22 Dec 2022 07:04
Last Modified: 22 Dec 2022 07:04
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/22298

Actions (login required)

View Item View Item